Yogyakarta (Antara Bali) - Indonesia harus memiliki fondasi sistem kesehatan yang kokoh untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kata Knowledge Manager Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Muttaqien.

"Salah satu fondasi penting adalah pengetahuan dan wawasan tentang prinsip layanan kesehatan terkendali (managed care) di tingkat dokter primer Indonesia," katanya di Yogyakarta, Kamis, terkait dengan penyelenggaraan pelatihan 'Strengthening Primary Health Care in the Managed Care Development Cycle'.

Menurut dia, dengan implementasi sistem "managed care" diharapkan di masa mendatang seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan tepat guna dengan biaya yang terkendali dan bermutu.

"Dalam sistem 'managed care', dokter primer memegang peran penting. Tanpa penguatan dan dukungan bagi jaringan dokter primer, kerugian negara akibat permasalahan pelik sistem pelayanan kesehatan nasional akan semakin naik," katanya.

Asisten Manager Medical Field PT Pertamina (Persero) Sapto Pudjo Hadiwardjojo mengatakan Indonesia sudah saatnya semakin menggalakkan pelayanan kesehatan di bidang primer.

Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di sektor primer mampu menciptakan lingkaran kesehatan jangka panjang yang berkualitas dengan biaya yang lebih terjangkau bagi seluruh masyarakat, ucapnya.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012