Corporate Forum for CSR Development (CFCD) mendorong perusahaan jaringannya untuk dapat melakukan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang mendukung program pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs.

"CFCD yang berdiri sejak 20 tahun lalu terus konsisten turut membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan bangsa dan mengajak korporasi untuk bersama-sama berusaha mencapai SDGs," ujar Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno saat Indonesian SDGs Corporate Summit (ISCOS) di Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

Ia mengatakan, selama ini secara sadar atau tidak sadar, perusahaan telah banyak melakukan program CSR yang secara subtansial pada dasarnya mendukung pencapaian SDGs, meski patut diakui ada sejumlah perusahaan melaksanakan program CSR masih bersifat karikatif.

"Dan dalam kegiatan ISCoS 2022 ini kami dan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi saling berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam pelaksanaan program CRS guna mendukung pencapaian SGDs," katanya.

Baca juga: Wali Kota Denpasar berikan CSR Pertamina untuk penyandang skizofrenia

ISCoS adalah rangkaian kegiatan sebagai bagian dari upaya apresiasi bagi dunia bisnis yang diselenggarakan setiap tahun dalam Indonesia SDGs Award (ISDA).

Pada tahun ini, ISCOS juga dirangkai dengan kegiatan Peluncuran Seribu Kampong CSR untuk SDGs atau 1.000 Kampong CSR for SDGs.

Thendri Supriatno menjelaskan, perusahaan jejaring CFCD yang melakukan program CSR telah banyak yang memperoleh penghargaan dalam ajang tahunan ISDA yang diselenggarakan oleh CFCD.

Dan sejumlah perusahaan yang berhasil meraih ISDA akan berbagi pengalaman dalam Indonesia SDGs Summit 2022 yang cakupan pengaruhnya diperluas dalam skala Internasional.

"Kegiatan kami di CFCD itu adalah melakukan upaya edukasi publik yang terkadang seperti memprovokasi perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan program CSR-nya guna membantu masyarakat dan tentunya tetap patuh menyelesaikan tanggung jawabnya secara baik dan benar," ungkapnya.

Ia menambahkan  tidak hanya dengan korporasi swasta dan BUMN, dalam melaksanakan programnya, selama ini CFCD juga melakukan kerjasama dengan berbagai kementerian/lembaga.

Baca juga: Erick Thohir tekankan CSR BUMN ke pendidikan, UMKM dan lingkungan hidup

"Anggota jejaring kami pernah mencapai sekitar 530 korporasi besar. Kalau saja fenomena ini bisa dijadikan sebuah gerakan yang lebih masif lagi maka dampaknya akan sangat luar biasa dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan," ujar Thendri Supriatno.

Sekretaris Jenderal CFCD Suharman Noerman menambahkan, CFCD dapat menyelenggarakan ISCOS pada 6-7 September 2022 di Bali atas dukungan perusahaan anggota serta komitmen bersama dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia khususnya.

Menurutnya, penyelenggaraan ISCOS 2022 juga dalam rangka mendukung Presidensi G20 Indonesia yang diharapkan akan menjadi momentum yang baik untuk mengusung agenda strategis pencapaian SDGs Indonesia.

"Dalam pertemuan tersebut para peserta diharapkan dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, praktik terbaik, kemitraan, dan kebijakan inovatif untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022