Pemerintah Kabupaten Tabanan melakukan bersih-bersih sampah plastik menjelang Hari Raya Tumpek Uye (Tumpek Kandang) di sepanjang areal Pantai Yeh Gangga hingga sekitaran Pura Batu Rancang, Tabanan, Jumat.

"Persiapan dan bersih-bersih ini juga sudah termasuk dalam implementasi visi Nangun Sat Kerthi yaitu Jagad Kerthi yakni tentang keseimbangan alam lingkungan," kata Sekda Pemkab Tabanan Gede Susila.

Pelaksanaan Tumpek Uye merupakan salah satu cara umat Hindu Bali dalam memegang teguh budaya adiluhung para leluhur dengan turut menjaga keberlangsungan dan kelestarian fauna, yang saling terintegrasi dengan pelestarian alam.

Baca juga: Bali's Biggest Cleanup 2022 dukung Bali itu bebas sampah plastik 2022

Menurut Sekda Gede Susila, giat bersih sampah plastik dalam rangka menyambut Hari Raya Tumpek Uye atau Tumpek Kandang akan berlangsung di Pura Batu Rancang (27/8) dan diharapkan bisa berlangsung rutin, agar mampu meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan dalam menjaga alam dan lingkungan di Tabanan.

Gede Susila menambahkan, adapun sampah yang dibersihkan yakni sampah plastik dan limbah yang sangat mencemari area Pantai Yeh Gangga. Dalam kegiatan ini, masyarakat Desa Sudimara ikut berpartisipasi, karena memang merupakan komitmen bersama dalam menjaga lingkungan sekitar.

"Hal ini tentunya sudah sangat sesuai dengan visi dan misi Tabanan, dalam pola pembangunan semesta berencana poin ke-4 yakni tentang pelestarian adat, agama dan budaya, menuju Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani (AUM)," katanya.

 

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022