Sekitar 75 pasang penari Tango dari berbagai negara mengikuti Kompetisi Tari Tango bertajuk Indonesia Championship Preliminaries (ICP) 2022 yang diselenggarakan di Kabupaten Badung, Bali.

"Peserta yang hadir diantaranya ada dari India, Singapura, Malaysia, Filipina, Selandia Baru, Indonesia, Korea selatan dan Jepang," ujar Pendiri Tango in Paradise dan Penyelenggara Indonesia Championship Preliminaries Ratih Soe Kosasie di Badung, Bali, Jumat.

Dalam kompetisi tersebut, para peserta bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam kategori resmi yaitu Pista dan Skenario (Panggung) Tango serta kategori tidak resmi yaitu Senior untuk pedansa berusia 50 tahun ke atas, Valz, Milonga dan Jack & Jill.

"Satu pasangan hanya bisa ikut satu kategori, tapi mereka bisa mengikuti kategori lainnya dengan orang lainnya. Apabila ditotal mungkin sekitar 75 pasangan yang berpartisipasi," katanya.

Baca juga: 300 penari tampil di Pura Ulun Danu Batur

Ratih Soe Kosasie menjelaskan, Indonesia Championship Preliminary (ICP) tidak hanya merupakan arena kompetisi tango, tetapi juga sebagai tempat bagi para pecinta tango untuk mengungkapkan keinginannya untuk menambah pengetahuan tentang tango.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya juga terdapat program tambahan seperti kelas privat atau loka karya. Selain itu juga akan menampilkan percampuran budaya, tarian tradisional dari Bali yang berkolaborasi dengan para penari tango pada acara Gala dinner nantinya.

"Pada hari terakhir, maestras atau maestros juga akan mengadakan lokakarya dan kelas privat bagi mereka yang ingin menambah serta memperdalam pengetahuan gerakan tango," katanya.

Ia menambahkan, koordinator Relaciones Institucionales Festivals de Buenos Aires y Usina del Arte Ministerio de Cultura Gobierno de la Ciudad de Buenos Aires menunjuk Bali sebagai lokasi Indonesia Championship Preliminaries (ICP) pertama.

"Pemenangnya dari kategori resmi akan dikirim ke Buenos Aires dan langsung menuju ke semifinal Tango Mundial atau Tango World Championship," ungkap Ratih Soe Kosasie.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022