Sejumlah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama yang dipimpin Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdus Salam Shohib bersilaturahim ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur membahas isu-isu strategis dalam menghadapi Kebangkitan islam pada milenium kedua.

"NU tidak akan berjalan sendirian dalam menyukseskan segala aktivitasnya di masyarakat. Maka pertemuan dengan jajaran pimpinan PW Muhammadiyah akan menunjukkan wajah Islam yang selalu mengedepankan tali silaturahim dan ukhuwah atau persaudaraan," ujar Kiai Salam usai silaturahim di Kantor PWM Jatim di Surabaya, Jumat.

Pihaknya menyampaikan sejak 1926 sudah ditanamkan oleh pendiri bahwa NU selalu mengedepankan tiga ukhuwah, yakni Ukhuwah Wathoniyah (persaudaraan sesama bangsa), Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama Islam) dan Ukhuwah Basyariah (persaudaraan sesama umat manusia).

Baca juga: PCINU Jepang adakan halalbihalal perkuat kerja sama dan semangat

"Silaturahim semacam ini telah menjadi bagian dari perilaku para pimpinan NU dan Muhammadiyah di masa lalu. Alhamdulillah, pertemuan berlangsung gayeng dan sangat akrab," ucap Ketua Panitia Satu Abad NU tersebut.

Saat diterima langsung oleh Ketua PWM Jatim KH Saad Ibrahim beserta pimpinan lainnya, Kiai Salam juga membahas kegiatan "Kick Off" dalam rangkaian Peringatan Satu Abad NU di Tugu Pahlawan Surabaya pada 28 Juli 2022. 

"Disadari pula, perlunya menjalin kerja sama menghadapi Kebangkitan Islam pada milenium kedua, antara NU dan Muhammadiyah," tutur Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022