Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta kontingen Pramuka dari Pulau Dewata yang akan mengikuti Raimuna Nasional X di Bumi Perkemahan Cendrawasih, Papua, dapat menampilkan sikap berbudaya di depan peserta lainnya.

"Kami harapkan dapat menampilkan sikap berbudaya, mengingat Bali terkenal sebagai daerah pariwisata dan daerah budaya," kata Pastika dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Bali Made Jendra, di Denpasar, Selasa, saat melepas secara resmi kontingen Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali yang akan mengikuti Raimuna Nasional X.

Dia juga mengharapkan melalui kegiatan tersebut, para Pramuka Penegak dan Pandega yang tergabung dalam kontingen Bali bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk menambah keterampilan dan wawasan di bidang kepramukaan.

Sementara itu, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali I Ketut Wija menjelaskan, Raimuna Nasional X tahun 2012 akan dilaksanakan pada tanggal 8-15 Oktober 2012 di Jayapura, Papua. Kegiatan itu dengan mengangkat tema "Pramuka Indonesia Bersama Membangun Tanah Papua".

Kontingen Bali yang diberangkatkan  berjumlah 47 orang peserta yang terdiri atas 43 orang Pramuka Penegak dan Pandega, dua orang pimpinan kontingen dan dua orang pembina pendamping.

"Kontingen kita sudah dipersiapkan dengan pembekalan guna mengikuti pameran, karnaval, Malam Bhineka Tunggal Ika dan pentas seni budaya," ujarnya.

Ia menambahkan pada Raimuna Nasional X ini peserta juga akan mengikuti kegiatan kewirausahaan pramuka (scout entrepreneurship) dan bakti sosial masyarakat. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012