Hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan bahwa Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Ridwan Kamil, yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat punya tingkat keterpilihan atau elektabilitas yang tinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Bisa saya sebutkan ada dua nama yang paling menyita perhatian karena sudah masuk di dua digit, yaitu Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam acara Rilis Survei Charta Politika: Membaca Situasi Politik dan Konstelasi Elektoral Pasca-Rakernas Projo, yang disiarkan di platform Zoom Meeting, dipantau dari Jakarta, Senin.

Dalam simulasi elektabilitas wakil presiden, Sandiaga Uno memperoleh persentase elektabilitas tertinggi sebesar 27,6 persen, sedangkan Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua memperoleh persentase elektabilitas sebesar 16,5 persen dari responden.

Baca juga: Sandiaga Uno tetap optimistis meski kalah dalam lima survei


Dalam simulasi kedua, Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno meraih 36,7 persen, Anies Baswedan-Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (28,2 persen), dan Prabowo Subianto-Puan Maharani (24,5 persen), dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 10,6 persen.

Simulasi ketiga adalah Ganjar Pranowo-Erick Thohir sebesar 35,3 persen, Anies Baswedan-Puan Maharani (25,3 persen), Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar (23,7 persen), dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 15,7 persen.

Simulasi terakhir adalah Ganjar Pranowo-Panglima TNI Andika Perkasa sebesar 34 persen, Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa (27,3 persen), Prabowo Subianto-Puan Maharani (24,7 persen), dan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 14,0 persen.

"Ganjar Pranowo unggul dalam semua simulasi pasangan," kata Yunarto.

Lembaga survei Charta Politika Indonesia menyampaikan elektabilitas Ganjar Pranowo naik pascadigelarnya Rakernas relawan Pro Jokowi (Projo)

"Kalau kita melihat hanya Ganjar Pranowo yang mengalami kenaikan dari 33,3 persen dari stagnasi dari survei Desember ke April dan kemudian naik ke 36,5 persen, pasca-Rakernas Projo,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.

Dalam survei tersebut, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo semakin naik dan unggul atas nama lainnya. Dalam simulasi 3 nama, Ganjar meraih elektabilitas tertinggi dengan 36,5 persen.


Baca juga: Survei: Prabowo tetap kokoh, Ridwan Kamil susul Ganjar Pranowo

Pewarta: Putu Indah Savitri

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022