Denpasar (Antara Bali) - Program kewirausahaan dalam rangka perluasan kesempatan kerja melalui kegiatan terapan teknologi tepat guna (TTG) diharapkan dapat meningkatkan sekaligus memberdayakan ekonomi rumah tangga masyarakat.

"Kami berharap program kewirausahaan ini untuk memperluas lapangan kerja melalui pelatihan terapan TTG pembuatan susu kedelai untuk meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan, dengan adanya terapan TTG akan meningkatkan nilai tambah  dengan tenaga kerja akan tetap, namun penghasilan bisa bertambah. Sebagai contoh di Desa Peguyangan Kaja, banyak pertanian yang menghasilkan kedelai, sehingga perlu diolah guna dapat meningkatkan penghasilan.

"Dulu warga Peguyangan Kaja menjual kedelai masih berupa biji. Tapi sekarang sudah diolah menjadi susu, sehingga sekarang dapat meningkatkan taraf hidup," ujarnya saat pembekalan dan pelatihan bantuan program kewirausahaan dalam rangka perluasan lapangan kerja melalui terapan teknologi tepat guna di kantor Desa Peguyangan Kaja.

Erwin Suryadarma mengatakan, Denpasar sebagai ibu kota Provinsi Bali masih dihadapkan masalah ketenagakerjaan yang cukup kompleks. Seperti lapangan pekerjaan sangat terbatas, pertumbuhan angkatan kerja cukup tinggi dengan produktivitas masih rendah.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012