Setelah 20 tahun lebih berkarir dalam dunia jurnalistik di Bali, pewarta LKBN ANTARA Biro Bali, I Komang Suparta, akhirnya mengemban tugas baru sebagai redaktur portal di LKBN ANTARA Biro NTB terhitung sejak 9 Mei 2022.

"Kalau ada kekurangan, saya mohon maaf, Pak. Terima kasih atas dorongan dan kebersamaan selama saya di sini (ANTARA Biro Bali) sampai saya alih tugas (ke Biro NTB)," kata wartawan yang masuk LKBN ANTARA Biro Bali sejak tahun 1999 itu saat berpamitan pada Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M. Ya'kub untuk berangkat menuju NTB, 18 Mei 2022.

Tugas baru untuk Komang Suparta itu merujuk Keputusan Direksi Perum LKBN ANTARA No.: KEP-038/DIR01.ANT/IV/2022 tentang Alih Tugas sebagai Redaktur Portal Biro NTB tertanggal 27 April 2022 yang salinannya ditandatangani Dirkeu, MSDM, dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA, Nina Kurnia Dewi, yang menyebut berlaku sejak 9-5-2022 (+ masa orientasi).

Merespons keputusan Direksi LKBN ANTARA itu, Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M. Ya'kub menyarankan agar alih tugas di pulau seberang itu dijalani sebagai penghargaan dari lembaga, karena pengalihtugasan sebagai redaktur itu hanya merupakan "pindahan" dari tugas-tugas di lapangan, apalagi lokasi baru juga tidak jauh.

"Dijalani saja, karena tugas baru itu tidak jauh dari tugas-tugas lapangan, bahkan merupakan penghargaan dari lembaga yang sifatnya juga lebih fleksibel. Yang penting, koordinasi dengan Kabiro ANTARA NTB dan akrab dengan lingkungan kerja. Apalagi, lokasinya juga tidak jauh dari sini," kata Edy.

Komang sendiri sempat "pulang" untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan Dewan Pers berkolaborasi dengan tiga lembaga uji (LU) yakni LKBN ANTARA Biro Bali, LPDS, dan AJI Bali, yang acaranya dilaksanakan di Sanur, Denpasar pada 24-25 Mei 2022.

"Ya, Pak, saya jalani Skep yang ada. Saya juga sudah berkoordinasi dengan bang Riza Fahriza (Kabiro ANTARA NTB) untuk tugas-tugas saya dan juga sudah berkenalan dengan teman-teman Biro (ANTARA Biro NTB)," kata Komang saat singgah ke kantor biro ANTARA Bali, Jumat (27/5/2022).

Saat itu, Kabiro ANTARA Bali Edy M Ya'kub memberi tali asih sebagai kenang-kenangan dari ANTARA Biro Bali. "Kalau pulang ke Bali, silakan mampir kantor biro. Nanti, kalau ada Odalan ANTARA Biro Bali juga saya kabari. Siapapun yang pernah lama di Biro Bali adalah keluarga besar ANTARA Biro Bali juga," kata Edy.

Baca juga: 54 wartawan Bali ikuti UKW Dewan Pers-ANTARA di Denpasar
https://img.antaranews.com/file/2022/09/25/20220925edisi-khusus-i.pdf

 
Pewarta LKBN ANTARA Biro Bali, I Komang Suparta (kanan), bersama Kepala LKBN ANTARA Biro NTB Riza Fahriza (kiri),
dalam pertemuan terkait alih tugas dari Pewarta ANTARA Biro Bali menjadi Redaktur ANTARA Biro NTB terhitung sejak 9 Mei 2022.
Pertemuan di kantor ANTARA Biro NTB (18/5/2022). (Foto Antara News NTB/2022)



"BKO"
Tidak lama berselang dari alih tugas Komang Suparta itu, LKBN ANTARA Biro Bali juga menerima alih tugas Pewarta Jakarta atas nama Genta Tenri Mawangi yang menjadi Pewarta BKO Biro Bali sesuai Keputusan Direksi Perum LKBN ANTARA No.: KEP-039/DIR01.ANT/IV/2022 tentang Alih Tugas sebagai Pewarta BKO Biro Bali tertanggal 27 April 2022 yang salinannya ditandatangani Dirkeu, MSDM, dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA, Nina Kurnia Dewi.

Bedanya, BKO (bawah kendali operasional) yang berlaku sejak 9-5-2022 itu menyebut batas waktu setahun. "Saya datang kemarin (Selasa, 17/5/2022), karena masih ada tugas peliputan arus mudik dan balik," kata pewarta Jakarta, Genta, yang sudah sering menulis tentang Bali itu saat mengikuti rapat perdana di Kantor ANTARA Biro Bali di Jalan Mataram No.1, Lapangan Lumintang, Kota Denpasar, Rabu (18/5/2022).

Bagi Genta/Tenri, Bali bukanlah wilayah asing, karena ia sudah beberapa kali mendapat penugasan meliput acara di Bali, bahkan terakhir juga meliput agenda "The 144th Inter Parliamentary Union (IPU) Assembly" atau Sidang Umum Persatuan Antar Parlemen ke-144 di Nusa Dua, Bali pada 20-24 Maret 2022.

Dalam rapat perdana itu, Genta sebagai pewarta BKO di-plot untuk bidang peliputan internasional, polhukam, dan ekonomi, yang merupakan pos peliputan yang ditinggalkan Dewa Wiguna sejak "pendidikan" (susdape) di Lembaga Pendidikan ANTARA (LPA) Jakarta pada 2019.

Selama setahunan, event internasional yang di-cover Genta antara lain G20 dan GPDRR yang digelar setelah IPU/Parlemen Dunia. Agenda GPDRR berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 23-28 Mei 2022 dan dihadiri ribuan peserta dari 190 negara lebih. Untuk G20, puncaknya KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022, namun rangkaian G20 juga banyak sejak awal tahun 2022, baik di Bali maupun provinsi lain (sekitar 20 provinsi). KTT G20 itu sendiri akan dihadiri sejumlah kepala negara anggota G20.

Khusus di Bali, rangkaian G20 mencapai 23 event dari 150-an event G20 sepanjang tahun 2022, diantaranya, Asian Venture Philanthropy Network Conference (Bali/21-24 Juni 2022), TWG 2 (Bali/23 September 2022), Tourism Ministerial Meeting (Bali/26 September 2022), World Conference on Creative Economy (Bali/5-7 Oktober 2022), dan puncaknya KTT G20 (15-16 November 2022).

"Informasi dari Dirpem ANTARA Pak Munir yang beberapa kali ke Bali untuk rapat-rapat G20 bersama Menko Marinvest dan Menkominfo menyampaikan bahwa LKBN ANTARA dipercaya negara menjadi host photografer untuk GPDRR, sedangkan untuk G20 ditunjuk menjadi media resmi bersama TVRI, RRI, dan SEA Today," kata Edy.

Baca juga: ANTARA pamerkan foto tsunami, Merapi, dan pengelolaan bencana di GPDRR 2022 Bali


"Regenerasi Redaksi"
Selain regenerasi yang sifatnya pemantapan/tempaan pengalaman itu, regenerasi yang sifatnya "kehilangan" juga terjadi, karena koresponden LKBN ANTARA Biro Bali Ayu Khania Pranisitha mengajukan undur diri sejak 12 April 2022 dan mendapat persetujuan LKBN ANTARA Pusat terhitung sejak 15 Mei 2022.

"Saya mau memenuhi harapan keluarga untuk melanjutkan studi dan tidak terlalu mobile. Mohon pamit dan mohon maaf kalau ada kesalahan selama bersama-sama. Semoga bisa bertemu dan bekerjasama di lain kesempatan. Terima kasih, banyak atas ilmu, bantuan, kesempatan, waktu dan semuanya yang pernah Khania terima," kata Khania yang bergabung dengan ANTARA Biro Bali sejak tahun 2019 itu.

Namun, generasi baru untuk jajaran redaksi juga sudah mendapatkan persetujuan dari jajaran SDM LKBN ANTARA Pusat menunjuk dua koresponden baru untuk ANTARA Biro Bali yakni:
1. Ni Putu Putri Muliantari

2. Rolandus Nampu.
Keduanya sudah melakukan perkenalan dengan awak biro ANTARA Bali dalam rapat bulanan pada 13 Juni 2022 dan keduanya mulai bertugas per-16 Juni 2022.

Ya, "Regenerasi Redaksi" mulai bergulir yang diawali Pewarta Dewa Wiguna sejak mengikuti Susdape di Jakarta (2019) dan hingga kini masih "di-Jakarta-kan", lalu tahun ini bergulir diantara Komang, Genta, dan Khania. Boleh dibilang, Tahun 2022 merupakan "Tahun Regenerasi Redaksi" untuk LKBN ANTARA Biro Bali, namun "posisi" Komang dan Khania belum tergantikan, sedangkan "posisi" Dewa Wiguna sudah "tercover" Genta.

Sebelumnya, "regenerasi non-redaksi" di Biro Bali sudah bergulir lebih dulu pada kurun 2018-2020, yakni:
a. Staf editor portal Bagus Widyantara undur diri (31 Oktober 2018)
b. Tiga karyawan non-redaksi terima "GSH" (30/9/2019: Analia St Marqona, I Made Sudarta, Nyoman Tapayasa)
c. Staf administrasi/keuangan/teknisi I Nyoman Aditya Trisna Iswara (jadi karyawan/SK per-1 Juli 2020)

Bahkan, "regenerasi SDM fotografer" sudah mendahului pada kurun 2019, yakni:
a. Stringer foto I Gede Wira Suryantala undur diri untuk "back to Buleleng" (3/1/2019)
b. Nyoman Hendra yang gantikan Wira pada 2019 sebagai fotografer (kontrak resmi per-1 April 2021)

"Salam sehat buat semua teman, proses pergi dan datang adalah proses regenerasi yang selalu terjadi alami, bahkan regenerasi SDM redaksi dan non-redaksi itulah yang akan menentukan 'wajah' berita/redaksi dan kemitraan/bisnis/non-redaksi di ANTARA Biro Bali ke depan. Jadi, SDM itu penting, karena menjadi penentu," kata Edy.

Ya, ibarat kebijakan 'gas dan rem' dalam penanganan COVID-19, maka "regenerasi SDM" adalah kebijakan 'gas dan rem' yang berlaku untuk LKBN ANTARA dalam memainkan 'peran berita' (redaksi/kantor berita) dan 'peran bisnis' (non-redaksi/BUMN). Tidak boleh berat sebelah dalam "regenerasi" untuk "dua peran" itu, agar sukses seperti dalam penanganan COVID-19 itu. Kalau terlalu menginjak rem, maka kendaraan akan mati/macet, tapi kalau terlalu melepas gas, maka kendaraan bisa celaka/korban. (*)




SELAYANG PANDANG "ANTARA BALI"

ERA PERINTIS
0. Herman : 1945
    -- “Kantor” ke-1 ANTARA Bali :  d/h Restoran Betty Jl Sumatera 56, Banjar Titih, Denpasar
    -- Lokasi siar proklamasi (18/8/1945) -- dibaca : Herman/wartawan
    -- Sumber: Video Tentang ANTARA Biro Bali
        "Berita Proklamasi Kemerdekaan RI sampai ke Provinsi Bali karena dibawa oleh seorang
         wartawan ANTARA bernama Herman"
         (Buku "Kiprah Kerobokan dan Peranan Markas 'K' Dalam Sejarah Pergerakan Perintis
         Kemerdekaan dan Revolusi Fisik 1945" oleh I Gusti Ketut Wibisana Aryadharma)

 i. I Wayan TjatranataKoresponden Pertama/resmi  (1972 – 1979)  
     -- koresponden resmi ANTARA yang pertama di Bali (tugas utama sebagai wartawan
        RRI Denpasar)
     -- pembawa Berita Proklamasi Kemerdekaan RI di Bali bernama Herman (koresponden
        ANTARA/tidak resmi)
     -- "kantor" redaksi di rumahnya di Jl Pulau Bawean 23, Denpasar
     -- namanya diabadikan sebagai "award" untuk pihak terbaik berkontribusi yakni Sertifikat
        Wayan Tjatranata (sejak 2017)

 ii.  Ismail Jacob  Utusan Persiapan Cabang Antara (Oktober-Desember 1979)
      -- pinjam ruang di kantor Deppen Bali, Jl Melati 23, Denpasar (Okt.-Des. 1979)
      -- pinjam Gedung Pos di Jl Kamboja 6,  Denpasar (depan Kantor Pos Kreneng):
         (Okt.-Des. 1979)

 1.  Otang Fharyana Kepala Cabang Pertama (Januari 1980 – 1983)
      -- Kepala Cabang Pertama yang ditunjuk Antara Pusat sejak Januari 1980 (berkantor di
         Gedung Pos Kreneng, Denpasar)
      -- perintis kantor biro-1981 (Jl Mataram 1, Lapangan Lumintang, Kota Denpasar, Bali)
      -- Tanah Hak Guna Pakai dari Pemkab Badung seluas tanah 442 meterpersegi itu
         satu hamparan dengan PWI Cabang Bali
      -- Berita Acara Serah Terima Pemakaian Gedung No. 641/3469/Humas
         (tanpa sertifikat/berita acara di LKBN ANTARA Pusat)
         (gedung direnovasi dengan dana hibah APBD 2008/Provinsi Bali sebesar Rp260 juta
          -- era Kepala Biro Tunggul Susilo/2007 – 2013)
      -- rekrut beberapa wartawan, diantaranya IB. Alit Wiratmaja
      -- kunjungi Kantor Biro LKBN ANTARA Bali untuk tapak tilas dan dialog/refleksi sebagai
         Kepala Cabang Pertama ANTARA Bali (26/9/2022) -- menerima "Sertifikat Tjatranata 2022"


ERA PENGEMBANGAN
 2.  Syahrul B. Hidayat  -  Kepala Cabang (1983 – 1986)
      -- anak Wiwiek Hidayat (Kepala Cabang LKBN ANTARA Surabaya)
      -- melengkapi sarana/prasarana kantor
      -- merekrut 2 wartawan (Ketut Atmadja dan Ketut Sutika)

 3.  IB. Alit Wiratmaja   -  Kepala Cabang   (1986 – 1996)
      -- 17-2-1987 : kantor diresmikan Menteri Penerangan H Harmoko
         (peresmian disaksikan Gubernur Bali Ida Bagus Mantra dan Pemimpin Umum
          LKBN ANTARA Ir Handjojo Nitimiharjo).
      -- perintis rumah dinas - 1988
         (Jl Gatot Subroto VI-F No. 22, sekitar 300 meter ke timur dari kantor biro)
         (tanah Hak Guna Pakai dari Pemkab Badung seluas 300 meterpersegi
         dengan IMB/copy, tapi gedung-nya dibangun LKBN ANTARA Pusat)
      -- rekrut 2 wartawan baru (Eddy Karna Sinoel/Mataram dan
         Dewa Made Suta Sastradinata/resign)
      -- Tahun 1996-1998, Alit Wiratmaja dipromosikan jadi Kabiro ANTARA Canberra

 4.  I Ketut Atmadja    - Kepala Biro       (1996 – 1998)

 5.  IB. Alit Wiratmaja  - Kepala Biro      (1998 – 2000)
      -- sempat dua tahun memimpin ANTARA Biro Australia (1996-1998)

 6.  Chandra Hamdani Noor  - Kepala Biro     (2000 – 2005)
      -- meningkatkan kerja sama dengan kalangan pariwisata

 7.  Drs. Ahmad Wijaya  - Kepala Biro            (2005 – 2007)
      -- fokus menjalin kekeluargaan di LKBN ANTARA Bali


ERA PEMANTAPAN
8. Tunggul Susilo  - Kepala Biro              - (2007 – 2013)
       -- perintis portal biro (7 Februari 2008) : Era Perum/BUMN
       -- era pertama Biro Bali menerima Asmen Pemberitaan, yakni Masuki M Astro, lalu M Irfan Ilmie
       -- renovasi kantor biro dengan dana hibah APBD 2008/Provinsi Bali sebesar Rp260 juta
       -- Berita Acara Serah Terima Pemakaian Gedung No. 641/3469/Humas
          (tanpa sertifikat/berita acara di LKBN ANTARA Pusat)
          (gedung direnovasi dengan dana hibah APBD 2008/Provinsi Bali sebesar Rp260 juta,
           pembangunan gedung ditangani swasta dibawah kendali Pemprov Bali)
       -- membangun merajan atau pura kecil di kantor biro dan rumah dinas
       -- rekrut Ni Luh Rismawati, Dewa Wiguna, dan Nyoman Aditya

9. Made Tinggal Karyawan - Kepala Biro      - (2013 – 2016)
      -- perintis koran biro “Bali Kini” (September 2015)
      -- pendukung utama koran "Bali Kini" : Made Tinggal Karyawan/Kabiro,
         Ketut Atmadja/mantan Kabiro, dan mendiang maestro seni lukis Bali, Nyoman Gunarsa
      -- meninggal dunia dg Plh Kabiro : I Ketut Sutika (September-Desember  2016)
         (6 Oktober 2018 : Redaktur Senior I Ketut Sutika menjalani pensiun
          -- setelah 2 kali perpanjangan)

10. Edy M Ya’kub  - Kepala Biro   -  (2016 - 2023) 
      -- perintis portal konvergensi (teks, foto, video, grafis, iklan digital) : 13-5-2017
      -- perintis koran digital : 23 Maret 2018
         a. 7 Februari 2018       : tutup koran biro “Bali Kini”
         b. 25 September 2022 : rintis koran digital (kortal) edisi khusus pariwisata
      -- perintis peran non-media :
         a. pameran fotografi jurnalistik "Rwa Bhineda" (sejak 13 Desember 2017/tahunan/HUT ANTARA)
         b. pelatihan jurnalistik (SMN 2017-2019 serta coaching clinic+UKW : Maret-Mei 2022)
         c. pencetus "Tjatranata Award" untuk wartawan/karyawan (internal)
             dan mitra media/humas (eksternal) yang berkontribusi
             (penerima award 2017-2022: NL Rhismawati-Dewa Wiguna/2017, Pemkab Badung/2018,
              Bank Indonesia/2019, Harian Bali Post/2020, PLN/2021, Gubernur Bali Wayan Koster+
              Otang Fharyana/2022)
      -- pengembangan non-keredaksian:
         a. 1 Desember 2018 : mengganti papan nama ANTARA dengan versi aksara Bali
             (peraturan daerah dari Gubernur Bali)
         b. 22 Juli 2019         : "placement/diseminasi media"
             (pengembangan kerjasama konten ANTARA-Kominfo)
         c. pengembangan SDM (2018-2022):
             --  6 Oktober 2018  : Redaktur Senior I Ketut Sutika menjalani pensiun 
                                            (setelah 2 kali perpanjangan)
             -- 11-16 Sept. 2019 : barisan jajaran non-redaksi/pensiun dini
                                           (Analia, Made Sudarta, Tapayasa)
             -- 2018-2019          : rekrut Nyoman Hendra (fotografer/pengganti Wira Suryantala) dan
                                           Ayu Khania Pranisitha (koresponden/pengganti Made Surya)
             -- 1 Juli 2020         : staf administrasi Nyoman Aditya jadi Karyawan Organik Non-Redaksi
             -- 9 Mei 2022         : pewarta senior Komang Suparta jadi Redaktur Portal Biro NTB
                                           dan Ayu Khania Pranisitha (resign/S2)
             -- 9 Mei 2022         : pewarta Genta Tenri Mawangi (ANTARA Pusat) menjadi
                                           Pewarta BKO Biro Bali (BKO setahun untuk G20/KTT G20 di Bali)
             -- 15 Juni 2022       : rekrut Ni Putu Putri Muliantari (koresponden/pengganti Komang S)
                                           dan Rolandus Nampu (koresponden/pengganti Ayu Khania P.)
             -- Des/22-Mart/2023: evaluasi koresponden foto/tulis (N Fikri Yusuf, Rolandus Nampu, Pande Yudha)
        d. pengembangan peran ANTARA = 3 peran/tugas kantor berita
            (HUT Dasawindu/13 Desember 2017)
            1. TUGAS UTAMA    : Kantor Berita/media massa (media cetak/media online/medsos)
            2. TUGAS NEGARA : Jubir Negara/Bangsa (era disrupsi untuk counter hoaks dan
                                             branding daerah melalui revitalisasi portal : pemda/BUMN/kampus)
            3. TUGAS PUBLIK   : Non-Media (publik/milenial : diklat jurnalistik, pameran foto,
                                            Tjatranata Award, i-media, media partner, dan magang/riset)


TIGA TUGAS KANTOR BERITA

1. TUGAS UTAMA (Tugas Kantor Berita)
    -- melayani media cetak/media online/medsos
    -- kompas informasi (rujukan/dikutip)
    -- platform: melalui jejaring distribusi khusus (VSAT/wire/brand-A/sp2mt)

2. TUGAS NEGARA (Tugas Diplomasi Informasi)
    -- diplomasi informasi eksternal
       (perwakilan/biro luar negeri dan jejaring dengan kantor berita asing/OANA/AsiaNet)
    -- diplomasi informasi internal
       (counter hoaks dan branding potensi negara/daerah secara digital)
    -- peran diplomasi historis
       (melawan kantor berita kolonial ANETA/siarkan Proklamasi Kemerdekaan)
    -- platform : pengembangan agenda setting secara multi media
       a. portal konvergensi/online (imbal siar/inforial),
       b. koran digital (ANTARA Bali),
       c. ANTARA Eye (portal untuk foto/video premium),
       d. medsos,
       e. podcast,
       f. media luar ruang (videotron/i-media/TV-C di ruang tunggu)
          (ruang tunggu DPMPTSP Gianyar; RSUD Gianyar; Diskominfo Pemkab Jembrana
           --> mulai 21 Januari 2018)
       g. Big Data (ETP/platform untuk jejaring khusus bisnis-finansial)

3. TUGAS PUBLIK (Tugas Non-Media)
    -- peran-peran literasi/edukasi/historis/sosial
    -- platform (non-platform) :
       a. diklat jurnalistik (Jurnalisme Indonesia),
       b. pameran fotografi jurnalistik (nyata-maya),
       c. magang (riset, media visit, dan peran membersamai publik milenial),
       d. Tjatranata Award/ANTARA Bali (sertifikat pihak paling kontribusi)
       e. media partner (event)


 

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022