Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, menghadiri acara Grand Final "Jegeg Bagus Bangli Tahun 2022" yang dilaksanakan di alun-alun Bangli pada Kamis (26/5) malam sebagai apresiasi terhadap kegiatan yang sifatnya pembinaan generasi muda.

"Ajang pemilihan jegeg bagus Bangli ini merupakan bagian pembinaan generasi muda Kabupaten Bangli dalam penghayatan nilai-nilai; wawasan kebudayaan dan kepariwisataan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan di Kabupaten Bangli," kata Bupati Bangli, demikian siaran pers Diskominfo Bangli, Jumat.

Generasi muda sangat rentan dengan adanya pengaruh budaya luar baik mental, gaya hidup, penggunaan obat terlarang dan pergaulan bebas, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menangkal pengaruh negatif budaya luar.

Baca juga: Wagub Bali minta Jegeg-Bagus tak selalu promosikan pariwisata

Selain itu juga dapat memupuk bakat dan prestasi , yang akan membawa misi sebagai duta Kabupaten Bangli dan mewakili jegeg bagus Bangli dalam grand final tingkat provinsi dan menjadi inspirasi generasi muda Bangli untuk tetap menjaga seni dan budaya leluhur.

Selain cantik dan ganteng, jegeg bagus Bangli diharapkan memiliki kecerdasan (Brain), kecantikan atau ketampanan (beauty), dan sikap serta perilaku yang baik (behavior).

Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi generasi muda Kabupaten Bangli dan dapat menghindarkan hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan generasi muda, serta dapat menjadi agen perubahan yang positif serta mampu menularkan kegiatan positif di masyarakat.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Bangli Wayan Sugiarta mengatakan pemilihan jegeg bagus tahun 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan sumberdaya manusia di bidang pariwisata.

Juga, sebagai ajang pembelajaran untuk menumbuhkembangkan sikap kreatif, inovatif, sportivitas, berwawasan luas dan berperilaku positif yang nantinya bermanfaat bagi diri sendiri masyarakat dan negara, yang mana rangkaian kegiatan sudah dimulai dari Februari 2022 dengan sosialisasi ke sekolah SMU/SMK/Universitas melalui media online maupun ofline.

Baca juga: Pertiwi dan Priyatna Jadi Jegeg Bagus Gianyar

Pemilihan jegeg bagus Bangli tahun 2022 melalui berbagai tahapan mulai dari seleksi awal dan pra karantina yang diisi dengan materi pembekalan dari Polres Bangli, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta para alumni jegeg bagus Bangli yang tergabung dalam semeton jegeg bagus Bangli.

Materi yang diberikan adalah potensi pariwisata Kabupaten Bangli, kebijakan pariwisata serta materi peran pemuda dalam pembangunan dan bahaya narkoba.

Dalam acara itu hadir pula Wakil Bupati Bangli Wayan Diar, Ketua TP PKK Bangli Sariasih Sedana Arta, Ketua WHDI Kabupaten Bangli Suciati Diar, Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Wayan Sugiarta.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli Komang Pariarta, perwakilan Forkompinda Kabupaten Bangli, Jegeg Bagus Kabupaten/Kota se Bali, dan Jegeg Bagus Bali.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022