PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik aman selama penyelenggaraan Sesi Ke-7 Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Bali, pada 25--28 Mei 2022, kata General Manager PT PLN UID Bali I Wayan Udayana.

Demi menjamin itu, PLN mengerahkan petugas untuk bersiaga di dua titik prioritas, yaitu gedung yang menjadi lokasi acara dan area sekitarnya, misalnya pintu kedatangan delegasi asing yang jumlahnya mencapai lebih dari 4.000 orang.

Udayana menyebut selama kegiatan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali menyiagakan sebanyak 95 personel yang ditempatkan di BNDCC, Bali International Convention Center (BICC), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan lokasi penting lainnya.

“Setelah titik – titik prioritas ditentukan, tim PLN langsung bergerak untuk melakukan serangkaian persiapan sejak 9 Mei. Pas hari H acara GPDRR, kami siagakan sejumlah personel dan peralatan untuk memastikan perhelatan internasional dapat berjalan aman tanpa kedip,” kata Udayana sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Badung, Bali, Rabu.

Baca juga: Kantor PLN di Bali targetkan pakai pembangkit tenaga surya

Tidak hanya memastikan kesiapsiagaan petugasnya, PLN juga menyiapkan cadangan pasokan listrik, yang terdiri atas 3 unit mobile genset berkapasitas 250 Kilowatt (KW) dan 100 Kilovolt ampere (kVA), 4 unit UPS mobile berkapasitas 100 kVA, 2 unit UPS mobile kapastas 100 kVA, 2 unit UPS mobile 30 kVA, dan 1 unit kabel bergerak, serta 8 unit gardu bergerak.

General Manager PLN UID Bali itu menyampaikan cadangan energi yang tersedia mencapai 32 persen dari total daya yang dipersiapkan sebesar 1.322 megawatt (MW).

Udayana  berharap masyarakat Bali mendukung penyelenggaraan GPDRR yang salah satunya dilakukan dengan melaporkan ke PLN jika menemukan masalah.

"Kami berharap agar masyarakat turut mendukung dengan secara aktif melapor jika menemukan potensi bahaya listrik di dekat jaringan listrik melalui aplikasi PLN Mobile, atau hubungi contact center 123,” kata Udayana.

Baca juga: PLN: Potensi pembangkit listrik mikrohidro Bali capai 24,5 Megawatt

Indonesia pada tahun ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan GPDRR 2022 yang seluruh rangkaiannya digelar di Bali. Presiden RI Joko Widodo telah resmi membuka rangkaian kegiatan GPDRR, Rabu, yang ditandai dengan aksi memukul kulkul  (sirine tradisional Bali).

Pewarta: Genta Tenri Mawangi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022