Beijing, China, (Antara Bali/Xinhua-AsiaNet) - Pameran yang menampilkan lebih dari 100 lukisan minyak oleh tiga generasi seniman China yang paling berpengaruh merupakan daya tarik utama kebudayaan bagi orang-orang dari seluruh dunia selama Olimpiade London yang digelar dari tanggal 24 hingga 31 Juli 2012.

Pameran itu, yang digelar di Olympia Exhibition Centre yang terkemuka, adalah bagian dari 'Pekan Budaya Beijing' yang menjadi salah satu sorotan dalam acara tersebut dan bagian dari Cultural Olympiad, yang digelar bersamaan dengan Olimpiade.

Pameran ini diselenggarakan oleh Beijing Guozijian Oil Painting Museum yang disponsori oleh Pemerintah Kota Beijing, dan tema dari banyak karyanya adalah 'Colorful Beijing', yang merupakan kota tuan rumah Olimpiade 2008.

Selain mempromosikan Beijing, acara selama sepekan yang digelar pada bulan Juli ini juga merupakan bagian dari hubungan lintas budaya yang tengah dilakukan untuk mempromosikan persahabatan antara China dan Inggris dengan dukungan pemerintah kedua negara tersebut.

Para seniman yang dipilih untuk menunjukan esensi dari dunia kesenian China bagi para pengunjung dari luar negeri yaitu antara lain Jin Shangyi, Zhan Jianjun, Zhong Han, Quan Shanshi, Zhang Zuying, Yan Zhenduo, Xu Jiang dan Yang Feiyun.

Pengunjung pameran ini dapat menyerap perkembangan modern dan perubahan dalam seni China yang ditampilkan dalam lukisan dan beberapa ditunjukkan dengan budaya kontemporer China untuk pertama kalinya.

Mereka terkesan oleh karya seperti 'Portrait of a Friend' oleh Jin Shangyi, yang memadukan tradisi budaya China dan spiritualitas dengan 'klasisisme' Eropa. Sekolah realisme ditampilkan dengan gaya menarik dan ekspresif dari Zhan Jianjun dalam lukisannya yang bertema 'Flying Snow'.

Dan karakteristik etnis yang tidak biasa dari Tibet, yaitu bagian dari budaya China, menyatu dengan nilai-nilai budaya tradisional China yang ditampilkan dalam 'Droma's World' yang sangat estetis oleh Zhang Zuyig serta 'Album ¨C 28' oleh Shang Yang dipadukan dengan eksplorasi yang hampir tidak terlihat di dunia sastra.

Kontak: Wang Wei
Telp: +86 10 67193035
Email: zxbw@vip.sina.com

SUMBER: Beijing Guozijian Oil Painting Art Museum
(Press release/ADT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012