Nunukan (Antara Bali) - Perairan Karang Unarang, perbatasan Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, berpotensi dijadikan kawasan wisata menyelam (diving).

Perwira Seksi (Pasi) Intel Pangkalan TNI AL Nunukan, Kapten Domi di Nunukan, Jumat mengatakan potensi perairan Karang Unarang menjadi wisata diving dengan keunggulan terumbu karangnya.

Ia menambahkan, potensi itu sudah beberapa kali dilakukan survei dan terumbu karang yang ada di kawasan perairan tersebut cukup baik.

Menurut Domi, apabila kawasan perairan di wilayah itu dijadikan tujuan wisata menyelam, maka juga akan berdampak pada situasi keamanan di sekitar perbatasan antara Indonesi dengan Malaysia tersebut.

Ia juga menyatakan, kendala yang perlu diperhatikan adalah kondisi arus air laut yang kadangkala terjadi pada waktu tertentu. "Kawasan terumbu karang di perairan Karang Unarang sangat baik dijadikan kawasan wisata laut," ujarnya saat menghadiri penyusunan rencana zonasi rinci wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZRWP3K) Pulau Sebatik I Kantor Bupati Nunukan.

Domi menginformasikan bahwa kondisi ekosistem dan biota laut di kawasan itu masih "asli", meski sebagian terumbu karang mengalami kerusakan akibat ulah pihak-pihak tertentu.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012