Jalan nasional di Provinsi Bali siap dilalui pemudik Hari Raya Idul Fitri, kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali, Achmad Subki.

"Saya sudah perintahkan jajaran saya untuk mengecek dan mempersiapkan jalan nasional agar siap dilalui pemudik," katanya di Negara, Jembrana, Sabtu.

Ia mengatakan, beberapa perbaikan dilakukan pada jalan nasional seperti menutup jalan berlubang, pengecekan drainase agar tidak terjadi genangan atau banjir di jalan nasional, hingga memangkas rumput di sepanjang pinggir jalan raya.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi mulai Juni 2022 akan tingkatkan konektivitas di Bali (video)

Khusus untuk Provinsi Bali, menurut dia, 98,65 persen jalan dalam kondisi baik, dan siap dilintasi pemudik, baik ke arah Pulau Jawa maupun Lombok.

Selain mempersiapkan kelayakan jalan, BBPJN Jawa Timur-Bali juga membuka Posko Mudik Lebaran 2022 di tujuh lokasi.

Kepala Bidang Preservasi II BBPJN Jawa Timur-Bali Ir Roby Abipramono, MT mengatakan, posko tersebut diperuntukkan bagi pemudik yang ingin beristirahat.

Baca juga: Tol Gilimanuk-Mengwi akan tingkatkan ekonomi Kabupaten Badung

Di posko tersedia tempat istirahat, toilet, peralatan medis, serta tempat ibadah yang bisa digunakan pemudik saat kelelahan di jalan.

"Selain itu kami juga menyiapkan alat berat, yang setiap saat siap dioperasikan jika ada bencana atau perbaikan jalan," katanya.

Sementara itu, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, bersama instansi lain sudah siap mengamankan arus mudik, khususnya di Pelabuhan Gilimanuk.


 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022