Manila (Antara Bali) - Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Philvocs) telah mencatat 717 gempa susulan di Samar Timur sejak provinsi-provinsi di wilayah itu dikejutkan oleh gempa berkekuatan 7,7 pada 31 Agustus 2012.

Winchelle Sevilla, Spesialis Riset Sains Philvolc, mengatakan gempa susulan tersebut dilacak dari sejak 'gempa besar' itu terjadi sampai pada pukul 12.00 waktu setempat Minggu.

Sevilla mengatakan bahwa dua gempa susulan signifikan dipantau lagi oleh lembaga itu di Samar Timur sebelum fajar Minggu.

Gempa susulan pertama, yang diukur dengan kekuatan 4.1 skala Richter, tercatat terjadi pada pukul 12.08 waktu setempat. Sedangkan gempa susulan yang signifikan kedua dengan kekuatan 4,7 SR dipantau pada pukul 02.40 waktu setempat. Episentrum kedua gempa dilacak di kota Guiuan.

Sevilla mengatakan bahwa sekitar 60 gempa susulan yang signifikan tercatat di provinsi ini, mulai 3,2 sampai 6,8 skala Richter.

Dia juga mengatakan bahwa 717 gempa susulan juga dicatat di Bukidnon sejak provinsi itu dihantam oleh gempa berkekuatan 5,6 SR pada 4 September.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012