Denpasar (Antara bali) - Kebakaran yang melanda hutan Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, hingga Senin (3/9) siang semakin meluas hingga mengarah ke selatan merambah wilayah Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem.
     
"Api semakin meluas dan terpantau ada dua titik api di wilayah selatan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, Nyoman Sutirtayasa, dihubungi di Denpasar, Senin.
     
Menurut dia, tim gabungan yang berjumlah 116 personel telah diterjunkan ke wilayah tersebut untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan di gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu.
     
Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Provinsi Bali, BPBD Karangasem, 'Emergency Service Responce (ESR)' Karangasem, aparat TNI dan Polri, termasuk 50 polisi kehutanan dan aparat desa dan kecamatan masih menggunakan upaya manual dengan memotong ranting pohon serta membuat parit-parit untuk memutus alur api.
     
Mereka disiagakan di dua pos yakni Pos Tanah Aron dan Yeh Kori sebagai pos pantau. Kebakaran di lereng timur dan utara telah berhasil dipadamkan tim gabungan dan kini meluas hingga ke kawasan selatan.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012