Sebanyak 17 penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya menuju Bandara Ngurah Rai Bali dihentikan sementara saat perayaan Hari Raya Nyepi, yang jatuh pada Kamis (3/3/2022).

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Jatim, Rabu mengatakan rinciannya adalah 9 rute kedatangan dari Bali dan 8 rute keberangkatan menuju Bali.

"Adapun maskapai dengan jumlah rute terbanyak dari dan menuju Bandara Ngurah Rai melalui Bandara Juanda adalah Lion Air dengan 6 rute kedatangan dan 4 rute keberangkatan. Kemudian Citilink dengan 2 rute kedatangan dan 3 rute keberangkatan, serta Air Asia sebanyak 1 kali kedatangan dan 1 kali keberangkatan," ujarnya.

Ia mengatakan Bandara Bali akan melakukan penghentian sementara operasional bandara selama 24 jam, dimulai pada Kamis (3/3/2022) pukul 06.00 Wita hingga Jumat (4/3/2022) pukul 06.00 Wita.

"Pada perayaan Nyepi, Bandara Juanda tetap beroperasi normal. Namun, rute menuju Bali, tidak beroperasi sementara selama satu hari pada Kamis tanggal 3 Maret 2022. Hal tersebut karena Bandara Ngurah Rai berhenti beroperasi sementara untuk menghormati pelaksanaan ibadah Nyepi yang dilaksanakan umat Hindu," ujarnya.

Baca juga: Bandara Bali hentikan operasional sementara saat Hari Raya Nyepi (video)

Menurut Sisyani, penghentian operasional sementara bandara ini didasarkan melalui diterbitkannya Notice to Airmen (Notam) Nomor A0031/22 Notam yang berisi pemberitahuan kepada maskapai dan bandara di seluruh dunia terkait penghentian sementara operasional penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai selama Hari Raya Nyepi.

"Pemberitahuan ini telah disosialisasikan baik dari pihak kantor pusat PT Angkasa Pura I maupun manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kepada seluruh pengelola bandara, maskapai maupun pemangku kepentingan terkait lainnya," ujarnya.

Sisyani menambahkan untuk calon penumpang menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai tak perlu khawatir karena penerbangan akan kembali normal pada esok Jumat tanggal 4 Maret 2022.

"Bandara I Gusti Ngurah Rai akan kembali menerima penerbangan pada hari Jumat mulai pukul 06.00 Wita. Untuk itu, kami menghimbau bagi pengguna jasa yang akan terbang menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk menghubungi pihak maskapai ataupun platform penjualan tiket daring terkait ketersediaan tiket dan kepastian jadwal penerbangan," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022