Gianyar (Antara Bali) - SMPN 1 Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali mengenang kunjungan Presiden Soekarno ke sekolah tersebut, saat sekolah di perkampungan seniman Ubud itu merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-50.

"Sebelumnya sekolah ini  bernama SLUB Saraswati, pada tanggal 31 Agustus 2012  tepat berusia 50 tahun," kata  Kepala Sekolah SMPN 1 Ubud, Dewa Ketut Astika, S.Pd, MM, Kamis.

Ia mengatakan, ketika masih bernama SLUB Saraswati, sekolah ini bernaung di bawah Yayasan Dharma Usada,  termasuk di dalamnya ada Klinik Dharma Usada dan Museum Ratna Wartha Ubud.

Yayasan tersebut didirikan oleh almarhum Cokorda Agung Sukawati tahun 1953. Saat HUT kali ini, pihaknya mengenang sekolah yang dirintis oleh ayah Bupati Gianyar Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati yang akrab disapa  Cok Ace ini pada tahun 1962 pernah dikunjungi oleh Presiden RI pertama, Ir.Soekarno, yang kebetulan berkunjung ke Museum Ratna Warta.

Pasca kunjungan Soekarno, beberapa siswa sekolah  diundang untuk tampil di Istana Tampaksiring.  Selanjutnya Soekarno pada kesempatan itu, menginstruksikan agar SMP SLUB Saraswati dijadikan sekolah negeri pada tanggal 31 Agustus 1962 di atas tanah 42,3 are yang disumbangkan oleh ayahanda Bupati Gianyar,  Cok Ace.

Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyampaikan rasa bangga atas kemajuan SMP N 1 Ubud.(LHS/IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012