Jakarta (Antara Bali) - Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1433 Hijriyah jatuh pada hari Minggu, 19 Agustus 2012 berdasarkan hasil sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (18/8).

Menteri Agama Suryadharma Ali mengumumkan penetapan tersebut berdasarkan hasil sidang istbat yang sebelumnya didahului rukyatul hilal atau pengamatan bulan baru yang dilaporkan dari beberapa titik di seluruh Indonesia. Keterangan dari rukyat dan hilal disepekati seluruh Ormas Islam.

Sidang istbat itu sendiri dihadiri pimpinan dan wakil Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam.  Perwakilan dari negara sahabat, para ahli astronomi. Termasuk Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar dan para pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Agama.

Sebelum sidang Isbat berlangsung, dilakukan presentasi dari ahli-ahli astronomi, lalu kemudian menerima laporan dari berbagai titik rukyah dari seluruh Indonesia untuk kemudian diputuskan melalui sidang isbat.

Usai memimpin rapat, Menteri Agama menyampaikan ucapan selamat kepada umat Islam yang merayakan lebaran. Kepada para pakar astronomi, ia juga minta ke depan kerja samanya dapat ditingkatkan lagi.(LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012