Wakil Bupati Karangasem Wayan Artha Dipa ikut serta menanam secara simbolis bibit pohon di Desa Bunutan Kecamatan Abang sebagai upaya memperkuat struktur tanah dan mengurangi resiko potensi longsor, Jumat (10/12)

Wabup Artha Dipa mengatakan sebanyak 3.000 bibit pohon yang terdiri dari 1.000 bibit Jambu Biji Merah dan 2.000 Rumput Vetiver ditanam bersama warga setempat terdiri dari masyarakat Banjar Dinas Sega, Banjar Dinas Bangle, siswa siswi SD Negeri 1 Bunutan, SMP Negeri 1 Atap Bunutan serta instansi terkait.

"Semoga dengan penanaman ini bisa memperkuat struktur tanah dan mengurangi potensi juga risiko akibat longsor," kata Artha Dipa.

Penanaman aneka jenis pohon ini merupakan strategi pengurangan risiko bencana dengan tujuan mitigasi dan mencegah potensi bahaya tanah longsor di kawasan dengan kemiringan lereng.

“Potensi bencana alam di Kabupaten Karangasem, tidak perlu kita sikapi dengan rasa takut yang berlebihan. Akan tetapi, fakta potensi bencana alam ini seharusnya justru semakin meningkatkan kita dalam melakukan upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan,” ujarnya.

Baca juga: Bupati siap wujudkan Karangasem jadi sentra produksi kapas di Bali

Dalam sambutan, Wabup Artha Dipa terus mengingatkan pentingnya mitigasi dan pencegahan bencana, salah satunya dengan menanam beberapa vegetasi di daerah rawan longsor.

Dikatakan, Desa Bunutan merupakan salah satu desa dari 51 desa yang memiliki risiko tinggi terdampak longsor. Berdasarkan data laporan kejadian bencana yang tercatat, Desa Bunutan paling sering mengalami longsor ketika memasuki musim penghujan.

Untuk itu, BPBD Kabupaten Karangasem juga sudah memasang alat peringatan dini LEWS (LandSlide Early Warning System).

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Artha Dipa mengucapkan terima kasih kepada Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Unda Anyar yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem dan segala unsur yang terkait untuk melaksanakan kegiatan pengurangan risiko bencana longsor di Kabupaten Karangasem yang sekarang dilaksanakan di Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Wabup meminta warga ikut serta dalam memelihara bibit pohon yang telah ditanam agar kegiatan penanaman pohon ini tidak sia-sia.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Unda Anyar (BPDASHL Unda Anyar) Titik Wurdiningsih, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Bali Timur (KPHL) I Made Warta dan Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Kecamatan Abang.


Mobil Damkar Double Cabin
Sebelumnya (15/12), Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa meluncurkan satu unit mobil pemadam kebakaran "double cabin" dengan volume 3.000 liter di Pos Damkar Karangasem, guna menjamin stabilitas keamanan dan kenyamanan masyarakat dan wisatawan di Karangasem dengan program Pencegahan, Penanggulangan, Penyelamatan Kebakaran dan Non Kebakaran,

Acara peluncuran yang didahului dengan upacara pemelaspasan yang dipuput Ida Pedanda Istri Jelantik dari Gria Kemenuh Subagan itu dihadiri Kajari Amlapura Aji Kalbu Peibadi, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta, Plt Kadis Perhubungan Karangasem Ida Bagus Suastika, Kasi Kedaruratan dan Logistik Eka Tirtana.

Baca juga: Pemkab Karangasem siap teruskan program AJP untuk pasien dan jenazah

Kadis Damkar Siki Ngurah mengharapkan mobil pemadam kebakaran ini mampu mengatasi, mencegah dan menanggulangi kejadian kebakaran yang ada di wilayah Kabupaten Karangasem. Selain layanan pemadaman, penyelamatan dan evakuasi korban, terdapat jenis layanan penunjang lainnya yang secara faktual melekat pada tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan. Layanan penunjang tersebut menjadi daya dukung pencapaian target SPM di daerah serta merupakan amanat dari peraturan perundang-undangan.

Siki Ngurah menjelaskan bahwa  jenis dari operasi darurat non kebakaran, diantaranya penanganan banjir, evakuasi korban hanyut, evakuasi korban terjatuh ke sumur, evakuasi sarang tawon, penanganan penyelamatan hewan yang berdampak pada keselamatan manusia (animal rescue), dan lain-lain.

Saat ini, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karangasem mempunyai lima unit mobil pemadam yang terdiri dari tiga unit mobil tangki, satu unit mobil penyemprot tanpa tangki air dan satu unit mobil pemadam firedome berkapasitas 5.000 ltr air. Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karangasem memiliki Tenaga teknis/Pasukan Pemadam sebanyak 51 orang yang terbagi menjadi 3 regu dan 2 Pos yaitu Pos Induk Karangasem dan Pos Pemadam Selat.

Tidak lupa, ia menyampaikan bahwa dalam pengadaan 1 unit kendaraan pemadam kebakaran double cabin berkapasitas 300 ltr air. Dalam pelaksanaanya, kami mendapatkan pendampingan dibidang hukum dari Kejaksaan Negeri Karangasem yang tertuang dalam perjanjian kerjasama  nomor : 075/368/Disdamkar/2021, B-746/N.1.14/Gs.1/05/2021 tanggal 19 Mei 2021.

Kajari Karangasem Aji Kalbu Pribadi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa dirinya sudah mulai melakukan pendampingan. "Kami memastikan bahwa pengadaan ini sesuai dengan ketentuan perundang undangan yang berlaku," ucapnya

Ia juga akan senang hati mendampingi kegiatan yang sesuai dengan peraturan sehingga kedepan tidak akan menimbulkan permasalahn pidana. Lanjut Aji Kalbu Pribadi mengatakan bahwa khusus untuk damkar dari mulai MoU sampai dengan sekarang banyak sekali kemajuan, semangat baru yang sangat luar biasa, sehingga masyarakat tau, dengan keterbatasan yang seperti ini kita di damkar juga sangat luar biasa.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengatakan Dinas Pemadam Kebakaran mempunyai tanggung jawab untuk mengawal misi ke-5 lima yaitu mengembangkan sistem keamanan dan ketertiban secara terpadu, serta tujuan yaitu terwujudnya stabilitas keamanan dan kenyamanan Krama Karangasem dan wisatawan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kejaksaan Negeri karena sudah memberikan pendampingan hukum dalam proses pengadaan kendaraan Dinas Pemadam Kebakaran yang telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan aturan dan menghasilkan output yang berkualitas sehingga mampu memberikan manfaat didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat (Krama Karangasem) yang merupakan salah satu Visi Misi Pemerintah Kabupaten Karangasem.

Ditegaskan kembali bahwa Dinas Pemadam Kebakaran agar selalu berupaya meningkatan kemampuan, keterampilan melalui latihan-latihan, hal itu saya maskudkan untuk mewujudkan Damkar Era Baru.,"Terkait dengan kekurangan sarana dan prasarana Pemerintah akan berupaya memenuhi sesuai dengan kemampuan anggaran serta prioritas pembangunan daerah," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021