Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mengikuti aksi kemanusiaan donor darah dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-50 Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia atau Korpri.

Sekretaris Korpri Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Adhi Merta di Denpasar, Jumat, mengatakan kegiatan Korpri bekerja sama dan Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah Indonesia) dan PMI menyelenggarakan kegiatan donor darah tersebut sebagai sumbangsih dalam aksi kemanusiaan.

"Dalam upaya menjaga, mempertahankan dan memelihara serta sebagai salah satu wadah perekat dan pemersatu bangsa, maka Korpri Kota Denpasar bekerja sama dengan Peradah dan PMI Kota Denpasar melaksanakan kegiatan donor darah," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini dikemas dengan sederhana, namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Langkah kegiatan ini agar bisa dijadikan momentum untuk tetap meningkatkan kinerja ASN sebagai anggota Korpri di semua tingkat kepengurusan menuju kehidupan kebiasaan baru," ucapnya.

Baca juga: Kolaborasi KITA ajak pemuda di Denpasar gelar aksi donor darah

Selain donor darah, peringatan HUT Korpri juga dimeriahkan kegiatan lainnya seperti kegiatan kebersihan ke masing-masing bapak angkat dan ikut memperhatikan lingkungan di musim hujan. Untuk kegiatan sosial dilaksanakan kegiatan kunjungan dan memberi bantuan kepada anggota Korpri yang sakit. Sedangkan untuk membugarkan fisik digelar kegiatan olahraga sepak bola.

Ia mengatakan karena masih dalam suasana pandemi COVID-19 maka kegiatan ulang tahun kali ini lebih banyak pada aksi sosial, lingkungan dan membangun sinergitas antar-anggota Korpri. Dengan kegiatan seperti itu di harapkan anggota Korpri Kota Denpasar bisa bersatu dan tangguh sesuai dengan tema' ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh".

Sementara Ketua Peradah Indonesia Kota Denpasar, Dr. Ida Bagus Subrahmaniam Saitya mengatakan pihaknya menggelar kegiatan donor darah untuk memperingati HUT Korpri, karena berita di media sosial sangat banyak yang membutuhkan darah.

"Maka kegiatan dalam rangka HUT Korpri dilaksanakan donor darah untuk membantu warga yang membutuhkan. Selain itu kegiatan ini juga sesuai dengan nama kegiatannya yakni 'Peradah Meyadnya' (Berbakti)," ucapnya.

Dalam kegiatan donor darah ini, Subrahmaniam mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 100 kantong darah. Untuk memotivasi ASN Pemerintah Kota Denpasar ntuk mengikuti donor, maka bagi yang ikut donor pihaknya memberikan bingkisan berupa beras, sanitizer dan tumbler.



Ia mengatakan tenaga medis dalam kegiatan donor darah melibatkan PMI Kota Denpasar. Salah satu Pendonor Darah Putu Astawa mengatakan berterima kasih telah menyediakan wadah untuk melakukan donor darah. Mengingat sebagai masyarakat tentu ingin berpartisipasi untuk aksi kemanusiaan.

"Semoga kegiatan ini terus berlanjut sehingga terus bisa ikut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan,” katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021