Pemerintah Kota Denpasar, Bali masuk nominasi penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana Tahun 2021 terkait penanganan pandemi COVID-19.

Saat sosialisasi tahapan penjurian sesi wawancara yang dilakukan secara virtual, Rabu, 
Ketua pelaksana Anugerah Tangguh Adhiwirasana, I Nyoman Gede Agus Asrama menjelaskan bahwa Kota Denpasar masuk nominasi 30 besar penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana.

Agus Asrama mengatakan pelaksanaan seleksi penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana dilakukan dengan menjaring 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi seluruh Indonesia berdasarkan kinerja daerah melalui 19 indikator, yakni penanganan kesehatan sebanyak 9 indikator, pemulihan ekonomi sebanyak 4 indikator dan peningkatan kesejahteraan sosial sebanyak 6 indikator.

"Sebanyak 57 kabupaten dan kota serta 20 provinsi yang dibagi berdasarkan rayon untuk melakukan pengisian kuesioner self assessment sebagai penjaringan tahap dua yang kemudian dinilai oleh para panelis penilai," ujarnya.

Baca juga: Sosiolog: Efek pandemi munculkan seniman jalanan berbusana adat Bali

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ariwibawa mengatakan dari 77 kabupaten, kota dan provinsi yang telah mengikuti self assessment, Kota Denpasar masuk dalam 30 besar nominasi penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana.

Gus Joni menjelaskan, dalam pelaksanaan self assessment, Kota Denpasar menampilkan beragam inovasi serta terobosan penanganan pandemi COVID-19. Hal ini utamanya berkaitan dengan penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi, serta peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat.

"Hal ini berkaitan dengan beragam inovasi serta kebijakan yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dalam mendukung optimalisasi penanganan pandemi COVID-19,” katanya.

Inovasi dan kebijakan yang dimaksud di antaranya yakni penerapan isolasi terpusat, optimalisasi inovasi "Jaga Baya", pemberian vitamin dan obat obatan, percepatan program vaksinasi COVID-19, serta implementasi aplikasi PeduliLindungi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Baca juga: Gubernur Bali ajak akademisi temukan konsep pemulihan ekonomi

Selanjutnya, kata dia, dalam bidang pemulihan ekonomi, Pemkot Denpasar juga telah melaksanakan beragam terobosan. Seperti halnya berbagai kegiatan promosi UMKM Denpasar, serta pelaksanaan D-Youth Fest sebagai ajang kreatifitas dan promosi bagi pelaku UMKM di Kota Denpasar.

Sedangkan dalam bidang peningkatan kesejahteraan sosial, Pemkot Denpasar juga telah menyalurkan berbagai bantuan, baik dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkot Denpasar. Mulai dari BLT dana desa, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), BLT APBD Kota Denpasar, serta pembuatan dapur umum.

 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021