Karawang (Antara Bali) - Warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berbondong-bondong menyaksikan paus berbobot sekitar 2,5 ton yang terdampar di perairan Pantai Pakisjaya, Karawang, sejak sekitar tiga hari terakhir.

Pantauan ANTARA sejak Jumat pagi hingga siang, warga lokal Karawang secara bergerombolan datang ke lokasi Pantai Pakisjaya dengan menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan sepeda motor.

Selain itu, ada pula warga yang datang ke area pantai dengan menggunakan kendaraan bak terbuka. Kemudian warga beramai-ramai menaiki perahu dengan menyewa kepada para petani setempat.

Perahu yang mengangkut para pengunjung pantai Pakisjaya itu berputar-putar mengeliling paus yang tengah dievakuasi tim dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) bersama sejumlah anggota Tagana dan Sagara.

Paus yang teridentifikasi jenis "Sperm Whale" itu terdampar di jarak sekitar 500 meter dari bibir pantai. Paus berwarna hitam itu ditemukan nelayan setempat yang sedang mencari ikan pada Rabu (25/7). Badan paus itu panjangnya mencapai sekitar 12--13 meter.

Koordinator Satwa JAAN, Iben, mengatakan bahwa paus yang kini masih bertahan hidup setelah terdampar sedang diusahakan kembali ke laut.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012