Paiketan Puri-Puri se-Bali mengadakan kegiatan "Kampanye Anti Sampah Plastik" bersinergi dengan pemerintah daerah dan pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Karangasem, Senin.

Manggala Puri Agung Karangasem, Anak Agung Bagus Parta Wijaya didampingi Koordinator Pawongan Puri Agung Karangasem, Anak Agung Made Kosalia, di Karangasem mengatakan "Kampanye Sampah Plastik" bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya hidup bersih tanpa sampah plastik dan mempercepat pengentasan masalah sampah di Pulau Dewata.

Kegiatan yang dilepas Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, di Puri Agung Kanginan Karangasem, juga dimeriahkan dengan lomba Lari Maraton 10 kilometer diikuti sekitar 30 orang peserta. Rute yang ditempuh para peserta mulai dari depan puri menuju Kecamatan Abang menuju tempat "refresh-man" di objek wisata Tirtha Gangga.

Keterlibatan masyarakat dengan acara "Kampanye Sampah Plastik" tersebut dilihat dari antusiasme masyarakat yang mengumpulkan berbagai sampah plastik dibawa ke anjungan panitia untuk di daur kembali oleh panitia setempat.

Baca juga: Sandiaga pesan 120 kain tenun khas Tenganan untuk G20 di Bali

Agung Bagus Parta Wijaya lebih lanjut mengatakan untuk menghargai antusiasme masyarakat yang ikut serta dalam berpartisipasi dalam acara sampah plastik, panitia akan memberikan penghargaan (reward) kepada masyarakat yang berpartisipasi.

Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem, Artha Dipa mengatakan upaya ini adalah bagian dari pembersihan sampah di daerah.

Menurutnya, masyarakat menginginkan aksi nyata, dimana kegiatan ini harus bisa memberikan rasa bersih pada masyarakat. Kegiatan pembersihan sampah plastik sangat bermanfaat untuk masyarakat, untuk itu pemerintah sangat mendukung gerakan tersebut. Karena gerakan ini mengedukasi masyarakat.

"Komitmen komitmen seperti ini, mari kita jaga, dalam mewujudkan Karangasem yang bersih dan sehat, bebas sampah plastik," katanya. (*)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021