Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mendorong pelaku usaha termasuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus mengembangkan cara-cara pemasaran produk secara daring.

Upaya tersebut diyakini sangat efektif untuk memperluas akses pemasaran produk yang dihasilkan Pelaku usaha khususnya selama masa pandemi COVID-19.

"Salah satu contohnya menggunakan e-commerce dan marketplace yaitu bagaimana kita bisa melakukan transaksi jual beli memanfaatkan teknologi secara daring dengan jaringan internet," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Minggu.

Ia mengatakan, wujud nyata Pemkab Badung dalam mendukung digitalisasi bisnis secara daring salah satunya adalah dengan menyediakan akses internet secara gratis bagi masyarakat di seluruh wilayah Badung dengan memasang jaringan fiber optik dari Badung Selatan sampai Badung Utara sepanjang 150 kilometer.

Baca juga: Badung percepat vaksinasi COVID-19 bagi disabilitas

"Ini artinya Badung siap memberikan infrastruktur kepada generasi milenial. Kami butuh pengusaha-pengusaha baru sari generasi muda karena mereka paham teknologi. Generasi muda Bali harus menjadi tuan di tanahnya sendiri," katanya.

Selain mendorong upaya pemasaran secara daring, menurut Bupati Giri Prasta Pemkab Badung juga akan melakukan berbagai upaya untuk membantu pengusaha dalam membuka dan memperluas akses pasar.

"Salah satu cara pemasaran dan promosi produk yang dibutuhkan pengusaha untuk menemukan pasar adalah melalui penyelenggaraan pameran," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (25/9). Ia juga telah meninjau kegiatan Pameran industri kreatif bertajuk Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Bali.

Pada kegiatan itu, Bupati Giri Prasta juga menjadi pembicara bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan sejumlah narasumber lainnya.

Baca juga: Mal Pelayanan Publik Badung terus beri pelayanan prima

"Kami mendukung sepenuhnya Apresiasi Kreasi Indonesia ini karena sangat memberikan peluang kepada generasi milenial untuk berakselerasi dan berinovasi," ujar Bupati Giri Prasta.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021