Kupang (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, melibatkan seluruh masyarakat daerah itu untuk bersama-sama menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan "Sail Komodo 2013".

"Ini ivent internasional dan kami ingin melibatkan semua komponen masyarakat daerah untuk ikut terlibat. Kami ingin menjadi tuan rumah yang baik dengan memberikan kesan positif bagi semua wisatawan yang datang ke Labuan Bajo pada acara puncak penutupan 'Sail Komodo' nanti," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Rofinus Mbon, Selasa.

Dia mengemukakan hal itu melalui pesan singkat, terkait kesiapan daerah tersebut untuk menjadi tuan rumah acara puncak penutupan kegiatan wisata pelayaran dengan "brand" satwa atau Taman Nasional Komodo.

Mengenai kesiapan penginapan, dia mengatakan, sarana akomodasi yang tersedia dinilai cukup untuk menampung wisatawan yang datang ke Manggarai Barat. "Jumlah hotel di Labuan Bajo cukup untuk melayani tamu Sail Komodo, walaupun baru ada tiga hotel kelas bintang," ucapnya.

Rofinus Mbon menambahkan, jumlah hotel yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, pulau Flores bagian barat itu tercatat 40 unit, memiliki 575 kamar dengan 770 tempat tidur. "Jumlahnya kami nilai cukup, tetapi dari segi kelayakan belum semuanya bagus," ucapnya.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012