Balikpapan (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, berupaya mengembangkan potensi objek wisata alam dan seni budaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kami terus berupaya mengembangkan objek-objek wisata yang ada di kabupaten ini, seiring peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Sri Wahyuni di Tenggarong, Jumat.

Menurut dia, kunjungan wisatawan pada 2011 sekitar 200.000 orang, sedangkan tahun sebelumnya sekitar 150.000 orang. Beberapa potensi objek wisata andalan, antara lain Museum Mulawarman, Kedaton, Pulau Parai Kumala, dan Museum Kayu.

"Museum Mulawarman merupakan objek wisata favorit di Tenggarong. Belum lengkap rasanya datang ke kota ini bila belum berkunjung ke museum tersebut," katanya.

Dia menjelaskan, museum tersebut pada masa lalu merupakan istana Kesulatanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Setiap tahun, katanya, diselenggarakan upacara adat Erau, sedangkan museum itu difungsikan kembali sebagai tempat acara adat kesultanan. Objek wisata lainnya adalah salah satu wisata buatan di Tenggarong yakni Waduk Panji.

Pada masa lalu, katanya, waduk itu dibangun untuk menunjang areal pertanian di sekitarnya. Keberadaan waduk itu kemudian ditingkatkan menjadi objek wisata dilengkapi dengan fasilitas antara lain sepeda air untuk pengunjung berkeliling di tengah waduk. (LHS/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012