Madrid (Antara Bali) - Pahlawan Euro 2012 Spanyol melakukan parade kemenangan di ibukota negara, Senin, dengan suasana lautan manusia dan warna merah-kuning di mana-mana.

Mereka berdansa ria, bernyanyi di bawah sinar mentari, sesaat melupakan kriris ekonomi yang menerpa masyarakat negara itu.

Para pemain yang mengenakan kaos merah dengan bacaan "Champions of Europe" diarak di atas bus yang terbuka atapnya, mengarah ke pusat pesta yang diadakan di alun-alun Plaza de Cibeles.

Para pendukung di bawah cuaca panas terik 36 derajat Celcius (97F) sehingga harus disemprot dengan air, tetap berdansa ria sementara grup band pop mengalunkan nyanyian dari panggung besar, yang dipasangi layar lebar untuk pertandingan final sehari sebelumnya.

Setelah mendarat di Bandar Madrid-Barajas, kapten tim Iker Casillas berdiri di pintu pesawat Iberia Airbus A319 di depan pelatih Vicente del Bosque, sembari mengangkat piala kemenangan yang terbuat dari perak.

Raja Juan Carlos (74) yang masih merasa cedera pinggul ketika berburu di safari Afrika, bergabung dengan keluarga kerajaan dalam memeriahkan kemenangan itu di Palacio de la Zarzuela di Madrid.

"Rakyat Spanyol amat bangga dengan kalian. Amat bangga. Bukan saja karena setiap kalian merupakan pemain bagus, tapi sebagai tim kalian amat dahsyat," kata Raja ketika tim akan berpose untuk foto bersama.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012