Denpasar (Antara Bali) - Ekonomi masyarakat Bali pada triwulan II-2012 diperkirakan masih kuat dan tumbuh positif yakni sebesar 6,3 + 1 persen, (y-0-y) meningkat jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya 6,09 persen.

Perekonomian Bali tumbuh positif pada pertengahan 2012 didorong oleh kuatnya investasi baik oleh pemerintah maupun swasta, kata Asisten Direktur Bank Indonesia Wilayah III Bali, Sunarto, dalam laporannya di Denpasar, Selasa.

Di sisi penawaran, perekonomian masih didominasi oleh sektor perdagangan, hotel, dan restoran (PHR), diperkirakan akan meningkat dengan diwarnai keyakinan mengenai membaiknya kondisi ekonomi dan situasi bisnis ke depan.

Kemudian diikuti kinerja sektor pertanian dengan adanya panen raya komoditas tanaman bahan makanan, namun muncul kekhawatiran bahwa produksi tidak setinggi harapan sebelumnya walau kondisi iklim sudah mulai membaik.

Ia menjelaskan, tekanan inflasi di Denpasar diperkirakan akan sedikit meningkat, dengan inflasi pada triwulan II-2012 diperkirakan berada di kisaran 4,9 persen, akibat adanya tekanan dari bahan makanan.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012