Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, Bali, melaksanakan program vaksinasi COVID-19 kepada anak-anak dengan usia 12-17 tahun sebagai upaya percepatan program vaksinasi COVID-19 untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Pemerintah terus gencar berupaya untuk menekan angka positif kasus COVID-19, kami mendukung upaya itu salah satunya dengan melakukan vaksinasi kepada kelompok anak usia 12 hingga 17 tahun," ujar Kepala Kesehatan (Kakes) Lanud I Gusti Ngurah Rai, Lettu Kes Toni di Klinik Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kuta, Kabupaten Badung, Selasa.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut mengacu pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang mengatur tentang vaksinasi tahap ketiga bagi masyarakat rentan dan umum serta bagi anak usia 12-17 tahun.

"Untuk jenis vaksin yang kami gunakan pada program ini adalah vaksin Sinovac yang dapat digunakan bagi kelompok usia 12-17 tahun," katanya.

Baca juga: Dinkes: 5.000 anak Bali usia 0-17 tahun sempat terpapar COVID-19

Toni menjelaskan, pada pelaksanaannya, anak usia 12-17 tahun harus melewati tahapan yang sama dengan pelaksanaan vaksinasi terhadap usia lainnya mulai dari proses pendataan, skrinning, penyuntikan vaksin sampai dengan tahap observasi.

"Bedanya untuk administrasi vaksin pada kelompok usia 12-17 tahun ini, calon penerima vaksin hanya perlu mencantumkan NIK yang ada di dalam kartu keluarga," ujarnya.

Pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak, pihaknya menyasar sekitar 90 orang penerima vaksin dari anak-anak yang berdomisili di sekitar Kompleks TNI AU I Gusti Ngurah Rai dan siswa-siswi SMA Pradita asal Provinsi Bali.

"Ke depannya kami di Kesehatan Lanud I Gusti Ngurah Rai akan terus melaksanakan vaksinasi baik kepada remaja maupun orang dewasa, hal ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai kekebalan kelompok," kata Toni.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai terapkan ketentuan perjalanan PPKM darurat

Sebelumnya, Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, juga telah mendukung serbuan vaksinasi COVID-19 serentak yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo dengan melakukan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat.

Program vaksinasi COVID-19 tersebut dilakukan terhadap seluruh masyarakat Bali, khususnya masyarakat yang berada di sekitar Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021