Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, melayani penumpang sebanyak 462.977 orang yang diangkut dengan menggunakan 3.527 pesawat udara pada periode Juni 2021.

"Pada periode Juni 2021 terdapat pertumbuhan positif pada penumpang dan pesawat udara di Bandara Ngurah Rai serta menjadikan catatan ini sebagai capaian terbanyak hingga pertengahan tahun 2021," ujar General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Herry A.Y. Sikado di Kabupaten Badung, Minggu.

Ia menjelaskan, dari pencapaian selama bulan Juni 2021 itu, jika dilakukan perbandingan dengan catatan statitik pada bulan Mei 2021 maka terjadi peningkatan hingga 72 persen.

Untuk tiga rute tujuan terbanyak masih sama dengan periode Mei yaitu Jakarta menempati posisi pertama dengan jumlah 117,404 penumpang berangkat, diikuti Surabaya 36,523 penumpang berangkat dan Bandung diposisi tiga terbanyak dengan jumlah 11.858 penumpang.

Baca juga: Penumpang yang tiba di Bandara Bali wajib tunjukkan hasil PCR (video)

Herry Sikado menambahkan, untuk tiga maskapai yang beroperasi terbanyak mengangkut penumpang pada periode Juni 2021 yaitu Citilink Indonesia sebanyak 111,229 penumpang, Lion Air 106.691 penumpang, Batik Air 90,578 penumpang.

"Jika dilihat dari persentase yang ada, tentunya ini merupakan sebuah pencapaian positif di tengah kondisi saat ini," katanya.

Untuk keseluruhan, menurutnya penumpang yang dilayani di Bandara Ngurah Rai selama enam bulan pertama pada tahun 2021 mencapai 1.673.376 orang penumpang.

Herry Sikado menjelaskan, dengan meningkatnya jumlah penumpang, pihaknya terus melakukan upaya penerapan protokol kesehatan agar penumpang dapat terbang aman dan nyaman, termasuk beberapa waktu yang lalu telah melakukan perubahan alur pemeriksaan dokumen sebelum berangkat.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai tawarkan paket foto 'prewedding'

"Kami akan terus bersinergi bersama para stakeholder terkait dalam penerapan protokol kesehatan serta dukungan dari pemerintah tentang kebijakan persyaratan bepergian yang diberlakukan," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021