Bupati Karangasem Gede Dana merealisasikan, salah satu program pembangunan Karangasem dalam lima tahun ke depan, khususnya sektor pendidikan, untuk penyiapan SDM yang andal, dengan menggandeng Politeknik Negeri Bali (PNB) yang siap menerima mahasiswa baru mulai 2022.

Bupati Gede Dana bahkan bersedia turun membawa surat permohonan untuk fasilitasi pendirian perguruan tinggi negeri ke Kampus PNB, Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Senin.

Ia mengatakan kedatangannya ke Kampus PNB Bukit Jimbaran, sebagai tindak lanjut dari audiensi pihak PNB yang sebelumnya telah datang ke Kabupaten Karangasem untuk menawarkan kerja sama dalam bidang pendidikan.

Ia mengatakan tidak ingin menjanjikan hal yang tidak pasti bagi masyarakatnya. Selama ini, banyak masyarakat Karangasem yang ingin di daerahnya dibuka perguruan tinggi negeri.

“Mohon doa seluruh masyarakat Karangasem, Astungkara tahun 2022, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah bisa menerima mahasiswa baru. Sebagai tindak lanjut pendirian PTN ini, saya, Sekda Karangasem dan Kadisdikpora membawa surat permohonan untuk fasilitasi pendirian perguruan tinggi negeri,” ujar Gede Dana.

Ia menceritakan saat dirinya datang ke Kampus tersebut, secara kebetulan Dirjen Pokasi ada di Poltek Negeri Bukit, sehingga surat permohonan langsung mendapat respons.

Gede Dana menyebutkan, dari hasil pertemuan dengan Diksi Direktorat Jendral Pendidian Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarianto didampingi Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, pihak PNB sangat mendukung dan akan memfasilitasi agar tahun 2022 sudah bisa menerima mahasiswa baru.

“Untuk diawal pendirian, fakultas yang akan dibuka, jurusan industri pariwisata dan industri kreatif. Semoga tahun ke depannya bisa membuka kembali jurusan yang lainnya, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh merantau untuk melanjutkan pendidikannya,” kata Gede Dana. (*)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021