Kapolsek Blahbatuh, kabupaten Gianyar, Bali, AKP Yoga Widyatmoko mengatakan petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan kobaran api di Pasar Rakyat Blahbatuh Selasa sekitar pukul 23.00 wita, setelah berjuang selama delapan jam.

“Setelah berjuang selama delapan jam, petugas Damkar akhir berhasil melumpuhkan si jago merah, namun semua kios ludes terbakar. Banyak barang dagangan tak berhasil diselamatkan,” kata Kapolsek AKP Yoga, saat mengamankan pasar yang sudah dilingkari 'police line' di Gianyar, Rabu.

Menurut dia, ada sekitar 602 kios di Pasar Blahbatuh. Hampir semuanya ludes dilalap si jago merah. Diperkirakan api mulai berkobar, Selasa, sekitar pukul 17.00 wita. Saat itu, sebagian aktivitas perdagangan di pasar sudah terhenti. Para pedagang sudah menutup tokonya, dan meninggalkan barang dagangannya.

Untuk memadamkan kobaran api di pasar itu, petugas mengerahkan 16 mobil pemadam kebakaran (Damkar), yang terdiri dari Damkar Gianyar, Damkar propinsi Bali, dan Damkar kabupaten lainnya. Ditambah bantuan water canon dari Polda Bali.

Kapolsek Blahbatuh menegaskan tidak ada korban jiwa, dan nilai kerugian akibat kebakaran itu belum bisa dikemukakan. “Siang ini, akan ada  tim forensik dari Polda Bali dan Polres Gianyar datang untuk melakukan penyidikan penyebab kebakaran,” katanya.

Kobaran api yang melalap pasar menyambar sebuah rumah yang berada di belakang pasar. Api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa.

Dalam kesempatan itu, Bupati Gianyar I Made Mahayastra tampak ikut melihat langsung kebakaran Pasar Blahbatuh, Selasa sore, hingga tengah malam.

Dalam kesempatan itu, ia menyatakan keprihatinan yang mendalam atas bencana itu. “Para pedagang pasar sudah terpukul oleh pandemi COVID-19. Kini kios dan pasarnya pun ludes terbakar berikut barang dagangannya. Ini ujian yang sangat berat,” ujar Bupati.

Bupati Mahayastra menjelaskan pula bahwa Pasar Blahbatuh ini rencana memang akan dilakukan revitalisasi untuk menjadi kawasan taman. Sedangkan pasar dipindah ke lokasi lain, namun rencana itu tertunda karena pandemi COVID-19 melanda Bali.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021