Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, meminta kepada Jagabaya Pasek Kabupaten Tabanan untuk selalu “Guyub” sesuai dengan trilogi kepasekan, yakni Guyub, Satya dan Bhakti.

"Sebagai salah satu satuan tugas dari Mahagotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR), Jagabaya Pasek hendaknya selalu guyub," kata Bupati Sanjaya saat menghadiri rapat program kerja Jagabaya Pasek Kabupaten Tabanan di sekretariat MGPSSR Kabupaten Tabanan, Jalan Merpati, Dajan Peken Tabanan, Minggu.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Ketua MGPSSR Tabanan I Wayan Tontra, Camat Tabanan dan lainnya, ia mengingatkan ‘guyub’itu artinya bersatu menjunjung tinggi persaudaraan.

"Jelek ataupun bagus milik kita bersama, kalau kita sudah bersaudara, jangan pernah memutus persaudaraan tersebut apapun yang terjadi,” ujar Sanjaya yang juga merupakan penasehat MGPSSR Kabupaten Tabanan.

Baca juga: Pemkab Tabanan perketat perayaan Nyepi

Ia juga menekankan untuk selalu satya dan bhakti kepada Ida Kawitan/Ida Sang Hyang Widhi Wasa. “Kalau kita sudah guyub dengan pesemetonan dan setia terhadap perkataan, ditambah lagi bhakti kepada Ida Kawitan, otomatis organisasi yang kita jalankan akan berjalan diarah yang benar. Apa yang kita cita-citakan pastai tercapai,” katanya.

Menurut Bupati Sanjaya, membangun dan menjalankan organisasi itu memang susah-susah gampang. Namun  hal itu jangan dijadikan beban, melainkan harus ditekuni dan dijalankan dengan sungguh-sungguh dan penuh kekompakan. Untuk itu, ia meminta apa yang telah dibina saat ini tetap diperjuangkan dan ditingkatkan, sehingga mampu memajukan organisasi.

Sementara itu, Ketua Jagabaya Pasek Kabupaten Tabanan I Nyoman Suwitrayasa menambahkan kegiatan rapat ini dilakukan untuk membahas program kerja Jagabaya Pasek untuk kedepannya, sehingga Jagabaya Pasek ini bisa berjalan sesuai dengan tujuan awal dibentuknya Jagabaya, yakni tetep Guyub, Satya dan Bhakti.

“Yang artinya tetap menjaga persaudaraan, tetep guyub, sehingga apa yang diharapkan, apa yang dibentuk ataupun tujuan dibentuknya Jagabaya ini yaitu untuk mendukung adanya Mahagotra Pasek Sanak Sapta Rsi, khususnya yang ada di Tabanan,” ujarnya.

Baca juga: Bupati Tabanan hadiri Pemlaspasan Banjar Ipil

Dalam kesempatan itu, Ketua MGPSSR Kabupaten Tabanan I Wayan Tontra, menambahkan, awal dibentuknya Jagabaya ini sebagai petugas khusus untuk mengawal program-program MGPSSR, baik yang di Pusat, Provinsi maupun Daerah.

Ia meminta Jagabaya Pasek ini tetap berpedoman kepada tujuan awal dan apa yang telah ditentukan dari awal. Ia sangat mengapresiasi kekompakan dan semangat Jagabaya Pasek, khususnya di Kabupaten Tabanan. Ia berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan rasa persaudaraan pesemetonan Pasek di Kabupaten Tabanan dan fokus menjaga dan menjalankan tugas mewujudkan trilogi kepasekan.
 

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021