Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar, Provinsi Bali menyebutkan kasus positif COVID-19 bertambah 78 orang, dibanding sehari sebelumnya 45 orang, sehingga jumlah yang dirawat di rumah sakit rujukan dan rumah singgah menjadi 923 orang.

"Berdasarkan data dari tim kami, bahwa hari ini terjadi lonjakan kasus terpapar COVID-19 sebanyak 78 orang," kata Juru Bicara GTPP COVID Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Senin.

Ia juga mengatakan walau terjadi lonjakan positif COVID-19, tetapi tingkat kesembuhan pasien juga semakin naik, yakni 64 orang. Berdasarkan data tersebut tentu dapat dilihat bahwa tren penularan beranjak menurun, namun masih terjadi penularan aktif.

"Kami warga masyarakat tetap waspada, sebab pandemi masih menyebar. Karena itu yang terpenting adalah menerapkan disiplin protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Tim yustisi Denpasar tindak 19 pelanggar prokes

Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona risiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian.

"Untuk di Denpasar terus dilakukan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu," ucap Dewa Rai.

Dewa Rai yang juga Kabag Humas dan Protokol Kota Denpasar mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi mobilitas dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Baca juga: Tim Yustisi Denpasar tes cepat antigen bagi pelanggar prokes

Terkait upaya menekan angka kematian akibat COVID-19, Dewa Rai mengatakan bahwa satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data, secara akumulatif kasus positif tercatat 10.802 kasus, angka kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Denpasar mencapai 9.680 orang (89,62 persen), meninggal dunia sebanyak 199 orang (1,84 persen) dan kasus aktif di rawat sebanyak  923 orang (8,54 persen).




 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021