Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mendorong masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan masing-masing untuk membudidayakan sayuran secara hidroponik, khususnya untuk menjaga ketahanan pangan mereka di tengah pandemi COVID-19.

"Di masa pandemi COVID-19 ini budi daya secara hidroponik dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat di masing-masing rumah tangga," ujar Pelaksana Harian Bupati Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri panen sayuran hidroponik di Rumah Hidroponik Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Abiansemal di Badung, Kamis.

Untuk mendukung upaya tersebut, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung akan berperan dan bertugas dalam proses sosialisasi pengembangan budi daya sayuran hidroponik sebagai program untuk masyarakat.

Baca juga: Ketua PKK Bali ajak Petani Tabanan budidayakan sayuran lokal

Sebagai salah satu cara budi daya tanaman pangan, menurut dia, hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas dengan biaya cukup murah dan dapat memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga di tengah pandemi COVID-19.

"Kami berharap kepada Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung bersama jajarannya untuk dapat menyosialisasikan dan mengajak masyarakat agar mau memanfaatkan pekarangan guna mengembangkan sayuran hidroponik," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga berdiskusi dengan petugas penyuluh pertanian lapangan.

Ia meminta budi daya hidroponik terus dikembangkan sehingga akan mendapatkan panenan komoditas yang memiliki nilai jual tinggi.

Baca juga: Sayur hidroponik dari Buleleng rambah restoran-hotel "Nusa Dua"

Ssalah satu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), I Made Suparsa, menjelaskan Rumah Hidroponik di BPP Abiansemal sebagai sarana edukasi budi daya secara hidroponik kepada masyarakat.

"Hidroponik memiliki berbagai keunggulan karena dapat dilakukan untuk semua sayuran. tidak memerlukan lahan yang luas, dari segi biaya juga sedikit dan pemeliharaannya cukup sederhana," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021