Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta semua pihak dapat menjaga kelestarian subak dengan berbagai upaya, terkait dengan telah ditetapkannya sebagai Warisan Budaya Dunia (WBD) oleh Unesco.

"Saya kira bagus dengan pengakuan itu, kita semua wajib menindaklanjuti dengan menjaga melalui berbagai usaha, baik secara kelembagaan, peraturan dan pendanaan," katanya di Denpasar, Selasa.

Dengan demikian, lanjut dia, maka akan menjadi upaya serius untuk benar-benar mampu menjaga warisan yang sudah diakui oleh dunia itu.

Sedangkan upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah, kata mantan Kapolda Bali ini bisa dilakukan dengan penambahan anggaran, maupun nanti dijabarkan dalam bentuk peraturan gubernur sebagai tindak lanjut adanya ranperda subak yang sedang masih dalam tahap pembahasan.

Pihaknya juga akan mengkaji kemungkinan dibentuknya suatu lembaga perlindungan khusus untuk subak.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika mengatakan hal senada bahwa penetapan sistem budaya subak oleh Unesco memerlukan dukungan pelestarian lahan pertanian dari semua pihak agar tetap berkelanjutan.(LHS/IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012