Jakarta (Antara Bali) - Sang Merah Putih akhirnya berkibar di Puncak Everest yang terletak di ketinggian 8.848 mdpl setelah Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summits) yang melalui jalur utara yaitu Tibet berhasil mencapai puncak, Sabtu.

Dua pendaki dari Wanadri yaitu Iwan Irawan dan Nurhuda mencapai puncak itu yang termasuk dalam rangkaian ekspedisi tujuh puncak dunia ini sekitar pukul 07.49 waktu setempat, Sabtu. Kedua pendaki ini tiba di puncak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Untuk mencapai puncak yang juga dikenal dengan sebutan Puncak Sagarmatha ini, para pendaki membutuhkan tahapan yang panjang. Selain itu juga harus terus melakukan koordinasi dengan pemandu yang telah mengawal sejak proses pendakian.

Dari dua pendaki Wanadri itu, orang yang pertama mencapai Puncak Everest adalah Iwan Irawan dan disusul oleh Nurhuda serta diikuti pendaki asal Swedia, Peter, kemudian setelah mereka, para pemandu (sherpa) yakni  Chirring, Tashi dan Lakpa menyusul mencapai puncak tertinggi dunia itu.

"Alhamdulillah. Allahu Akbar. Merah Putih berkibar kembali di Puncak Everest melalui jalur utara," kata  Ketua I Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia, Ipong Witono, melalui pesan layanan singkat.

Selain melalui jalur utara, pendakian oleh Wanadri juga dilakukan melalui jalur selatan yaitu melalui Nepal. Pendakian juga dilakukan oleh dua pendaki yaitu Ardeshir Yaftebbi dan Fadjri Al Luthfi serta didukung oleh tim pemandu.(*/DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012