Pangkalpinang (Antara Bali) - Bentuk meja kerja yang melingkar atau mengelilingi kursi kerja ternyata berbahaya bagi kesehatan tulang belakang.

Hal tersebut diungkapkan oleh ahli bedah syaraf dari Bangkok Hospital, Thailand, dr Supreecha Kapiya dalam seminar kesehatan bertajuk "Lower Back Pain; Causes, Treatments and Preventions," di  Pangkalpinang, Minggu.

"Bentuk ruang kerja yang terdiri atas meja-meja yang mengelilingi kita sehingga menyebabkan kita harus berputar selama bekerja untuk mengambil ini itu sementara kita tetap duduk di kursi putar membahayakan tulang punggung kita," katanya.

Hal tersebut karena tulang punggung akan mengalami pergeseran terus- menerus saat seseorang harus berputar 360 derajat. "Selain itu otot akan berkontraksi berlebihan sehingga menjadi beban bagi tulang punggung," ucapnya.

Lebih lanjut dr Supreecha menyarankan agar orang yang pekerjaannya mengharuskan duduk lama supaya sering berdiri dan melakukan peregangan. "Tiap tiga jam harus berdiri dan melakukan peregangan agar otot rileks dan tulang punggung tidak mengalami peradangan, karena kurang gerak dapat menyebabkan sakit punggung bawah," kata dia.

Selain itu, tambahnya, juga perlu memilih jenis kursi yang nyaman dan sesuai anatomi tubuh.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012