Surabaya (Antara Bali) - Majapahit Travel Fair/MTF 2012 di Surabaya ditargetkan mampu meraup transaksi dari bisnis wisata sebesar Rp30 miliar, meningkat dibanding penyelenggaraan tahun 2011 sekitar Rp27,68 miliar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Jarianto di Surabaya, Senin sore, menjelaskan bahwa target transaksi bisnis wisata sebesar itu realistis. Sebagian besar diperoleh dari kegiatan travel exchange/travex yang mempertemukan 58 buyers (pembeli) dari 11 negara.

Selain dari travex, transaksi bisnis pelancongan dalam MTF yang merupakan penyelenggaraan ke-13 kalinya ini diperoleh dari bursa wisata dan pameran yang berlangsung pada tanggal 10--13 Mei di Grand City Surabaya.

"Tahun lalu, dari travex diperoleh kontak bisnis wisata senilai Rp22,67 miliar dan busra wisata Rp4,5 miliar serta pameran Rp198 juta," ucapnya.

Para pembeli sebanyak 58 pelaku bisnis wisata dari 11 negara itu, yakni Malaysia, China, Korsel, Singapura, Jerman dan negara di kawasan Asia Tengah dan Selatan, seperti Pakistan, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Azerbaijan, serta Kazakhstan.

Sementara itu, pembeli asal dalam negeri merupakan pebisnis wisata berasal dari Jakarta, Kaltim, Medan, Lombok, Semarang, Bandung dan dari Bali.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012