Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengunjungi Kabupaten Klungkung untuk bersilaturahmi dengan Ketua FKUB Provinsi Bali, Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet di Puri Den Bencingah, Desa Akah, Klungkung.

Keterangan yang diterima dari Humas Pemkab Klungkung, Kamis, menyebutkan kedatangan pejabat dari Partai Golkar itu disambut Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Komandan Kodim 1610/Klungkung, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali, dan jajaran FKUB Bali serta organisasi Forpela-Forgimala.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta mengatakan pihaknya selaku Pemerintah Daerah telah berusaha selalu berada ditengah-tengah umat, sehingga Klungkung dinobatkan menjadi Kabupaten Peduli HAM enam kali berturut turut.

"Klungkung merupakan kabupaten terkecil, namun menjadi titik yang terbesar di Bali, karena Klungkung merupakan pusat kebudayaan Bali dan merupakan kabupaten raja di raja," katanya.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang mengakui jika kerukunan dan toleransi umat beragama di Bali sangat tinggi. Ia merasa Bali memiliki sebuah aura yang berbeda dan mendamaikan. Selain itu, Bali yang memiliki rasa toleransi yang tinggi mengakibatkan banyak wisatawan ingin berkunjung dan menetap di Bali.

"Setiap mendarat di Bali, saya merasakan suasana yang berbeda. Ada suatu aura yang membuat perasaan ini damai, sehingga saya pun berkeinginan menghabiskan sisa hidup dan menetap di Pulau Bali, tepatnya di Kabupaten Klungkung ini ujarnya.

Politikus yang kerap di sapa Bamsoet itu menambahkan tugas pemerintah kedepan akan semakin berat, karena tantangan kedepan adalah teknologi yang tidak bisa dibatasi dan bisa diakses oleh siapapun.

"Ideologi Pancasila telah diakui dunia mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang memiliki jumlah penduduk terbesar kelima di dunia dan terdiri dari enam agama, puluhan aliran kepercayaan serta ratusan suku dan ras," katanya.

Sebelumnya (21/12), Gubernur Nusa Tenggara Barat,  Zulkieflimansyah bersama istri Niken Saptarini Widyawati didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB juga bersilaturrahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Pemerintah Provinsi Bali.

 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020