Denpasar (Antara Bali) - Asosiasi situs jual beli dengan nama E-Commerce Association Indonesia (Idea) yang baru dibentuk Kamis (3/5) dengan 10 anggota, mengutamakan program edukasi bagi masyarakat luas dan pengembangan usaha guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Wakil Ketua Idea, Arnold Sebastian, Egg dalam penjelasan yang diterima di Denpasar, Sabtu menyebutkan, pihaknya akan melakukan edukasi seluas-luasnya dengan misi dan visi yang sama di antara pelaku industri e-commerce, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan benar.

Pendiri situs jual beli terbesar Tokobagus.com itu menjelaskan, visi Idea secara umum untuk menciptakan industri yang sehat, menjadi jembatan dan menjalin hubungan yang baik antar-pemain dengan para mitra secara berkesinambungan.

"Kami menjalin hubungan dengan pemerintahan dalam hal regulasi yang berkaitan dengan kepentingan industri, maupun dengan asosiasi lain yang secara langsung menjadi elemen penting dalam pengembangan ekosistem industri e-commerce," katanya.

Selain itu, kehadiran Idea ingin memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi melalui aktivitas e-commerce yang dijalankan sesuai platform setiap anggota.

Berkaitan dengan rencana jangka panjang, menurut Arnold, pihaknya ingin turut serta dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi berbasis digital terbesar di Asia Tenggara.

Untuk mewujudkan visi tersebut, sudah menjadi misi para anggota Idea guna lebih aktif dalam melakukan edukasi dan promosi bagi industri e-commerce.

"Melihat kenyataan ahli e-commerce di Indonesia masih sedikit, maka kami akan fokus pada pengembangan sumber daya manusia dalam industri e-commerce," ujarnya.

Idea digawangi oleh Dewan Penasehat yang terdiri Ketua William Tanuwijaya (Tokopedia.com), kemudian para Wakil Ketua, Ken Dean Law (Kaskus.us), Kusumo Martanto (BliBli.com), Edward Kim (DealGoing.com), Edi Taslim (Gramedia.com), Hendrik Tio (Bhinneka.com), Dwi T. Cahyono (Multiply.com), Remco Lupker (Tokobagus.com), Jullian Gafar (Berniaga.com) dan Aris Siswoko (Plasa.com).

Sedangkan semua kegiatan operasional dijalankan oleh Dewan Pengurus yang terdiri atas Ketua Daniel Tumiwa (Multiply.com), dan Wakil Ketua Arnold Sebastian Egg (Tokobagus.com).(T007)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012