Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bali bekerja sama dengan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Badung, menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pengawakan di Air menggunakan Jetski bagi personel rescue.

"Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberi pengetahuan dan keterampilan teknik penyelamatan menggunakan jetski hingga nantinya dapat bermanfaat pada operasi SAR apabila diperlukan," ujar Kepala Balai Diklat Basarnas Iwan Rosyadi di kawasan Kuta, Badung, Rabu.

Ia mengatakan pelatihan itu dilakukan karena daerah wisata perairan seperti pantai-pantai yang berada di wilayah Pulau Bali memiliki berbagai risiko kejadian yang bisa saja membahayakan jiwa wisatawan maupun masyarakat.

"Umumnya kejadian orang tenggelam posisinya tidak jauh dari bibir pantai dan efektif penyelamatan menggunakan jetski," katanya.

Pada kesempatan itu, Iwan Rosyadi juga berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti setiap tahap pelatihan dengan baik dan mematuhi instruksi dari para pengajar.

Selain itu, ilmu yang diperoleh selama mengikuti pelatihan itu diharapkan dapat ditularkan kepada personel dan tim penyelamat lainnya sehingga pada saat operasi SAR bisa diterapkan dengan baik.

"Di masa pandemi ini, ketaatan protokol kesehatan COVID-19 juga harus diperhatikan agar kondisi tubuh tetap sehat selama mengikuti kegiatan," ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, sebanyak 25 orang rescuer Kantor Basarnas Bali dan Balai Diklat mengikuti pelatihan dengan dipandu oleh enam orang instruktur dari Balawista Pantai Kuta dan lima orang tenaga kediklatan dari Balai Diklat Basarnas. Rencananya, kegiatan akan berlangsung sampai dengan Sabtu (5/12) mendatang.

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada menjelaskan selama tahun 2020, pihaknya cukup banyak menangani kejadian kecelakaan di wilayah perairan seperti nelayan hilang dan juga wisatawan terseret arus.

"Karena itu menurut kami kegiatan pelatihan ini sangat relevan ketika diselenggarakan di Bali. Kami juga mengapresiasi jajaran Balawista yang telah mendukung penuh sebagai instruktur dalam pelatihan kali ini," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020