Ombudsman RI Perwakilan Bali menyambut baik penugasan Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra sebagai Kapolda Bali yang baru dan meyakini Irjen Putu Jayan Danu Putra mampu menghadirkan pelayanan publik yang lebih baik lagi di tubuh Kepolisian.

"Ombudsman punya keyakinan Kapolda Bali yang baru memiliki fokus yang tajam untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kepolisian Bali," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab, di Denpasar, Rabu.

Selain itu, Umar juga memberikan empat catatan kepada Kapolda yang baru, yakni mengoptimalkan satgas mafia tanah untuk mengeliminasi dan memghilangkan praktek maladministratif di ranah pertanahan.

Catatan kedua, Kapolda perlu juga mengoptimalkan satgas saber pungli guna memberantas pungutan yang tidak legal, sekaligus memberantas korupsi, baik di tubuh kepolisian maupun di intansi lainnya.

"Jika kedua satgas ini bisa dioptimalkan, kita yakin wajah pelayanan publik akan ramah dan murah, dan itu semakin menaikkan level kepercayaan publik kepada lembaga Kepolisian Bali," kata Umar.

Baca juga: Ombudsman bertemu inspektur se-Bali pastikan ASN netral di Pilkada

Catatan ketiga, Umar juga meminta agar Kapolda Bali yang baru tidak kendor melawan premanisme. Di Bali, premanisme dalam beberapa tahun terakhir tidak lagi bergerak secara leluasa karena kuatnya kontrol dan penindakan oleh pihak Kepolisian Bali di bawah pimpinan Kapolda sebelumnya.

"Kita ingin Irjen Putu punya komitmen yang sama untuk mencegah premanisme di Bali," harap Umar.

Catatan keempat, Umar meminta agar Kapolda Bali yang baru responsif terhadap pengaduan masyarakat baik yang disampaikan langsung ke pihak kepolisian maupun yang disampaikan melalui Ombudsman.

Bagi Umar, cepatnya respons Kapolda akan berimbas pada cepatnya respons anggotanya di level polda, resort dan sektor. "Kalau Kapolda responsif, saya percaya anggotanya lebih responsif lagi. Anggota biasanya ikut atasannya," tutup Umar.

Sebelumnya (23/11), Gubernur Bali Wayan Koster menerima kunjungan Irjen Pol Petrus Reinhard Golose di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, guna berpamitan, karena telah selesai menjalankan tugasnya sebagai Kapolda Bali.

"Selama empat tahun menjabat Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose telah melaksanakan tugas dengan baik, baik saat event internasional IMF-World Bank Annual Meeting pada 8-14 Oktober 2018 maupun dalam penanganan COVID-19," kata Gubernur Koster.

 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020