Yogyakarta (Antara Bali) - Masyarakat Kota Yogyakarta diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya berbagai penyakit zoonosa atau penyakit dengan perantara hewan seperti avian influenza dan rabies selama musim pancaroba saat ini.

"Saat ini, musim sedang tidak menentu sehingga potensi munculnya berbagai penyakit dengan perantara hewan seperti flu burung dan rabies bisa meningkat cukup banyak," kata Kepala Seksi Pengawasan Mutu dan Kesehatan Hewan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian Kota Yogyakarta Endang Finiarti di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian Kota Yogyakarta telah melayangkan surat edaran ke wilayah-wilayah hingga Rukun Warga (RW) terkait berbagai langkah yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi munculnya berbagai penyakit zoonosa itu.

Sejumlah upaya yang bisa dilakukan di antaranya adalah mengandangkan unggas atau hewan pembawa rabies (HPR) sehingga tidak berkeliaran secara bebas.

"Wilayah Kota Yogyakarta cukup sempit dan padat penduduk, tetapi banyak penduduk yang memelihara unggas. Sebaiknya, hewan-hewan itu dimasukkan kandang sehingga lingkungan tetap terjaga kebersihannya," katanya.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012