Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar, Bali, melakukan verifikasi data ke lapangan untuk Sensus Penduduk Tahun 2020 setelah melakukan pendataan secara dalam jaringan (daring/online).

Kepala BPS Kota Denpasar, Bali, Eman Sulaiman ketika dikonfirmasi di Denpasar, Rabu, mengatakan pihaknya siap melakukan sensus penduduk lanjutan dengan memverifikasi data, setelah melakukan tahapan pertama secara daring dalam serangkaian Sensus Penduduk 2020.

"Ini adalah tahapan kedua dari program Sensus Penduduk Tahun 2020, setelah sebelumnya dilaksanakan Sensus Penduduk secara daeing sejak 15 Februari-29 Mei, sensus penduduk lanjutan ini dilakukan untuk memverifikasi keberadaan penduduk khususnya di Kota Denpasar dengan melibatkan 600 petugas sensus dan 40 orang koordinator kecamatan, yang masing-masing koordinator mengawasi sebanyak 15 petugas sensus," ujarnya

Eman Sulaiman mengucapkan terima kasih atas sinergi Pemkot Denpasar dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020 secara daring, dan berharap tetap bisa menjaga sinergi dan dukungan untuk melanjutkan kesuksesan Sensus Penduduk di bulan September ini.

Selain itu, kata dia, BPS Kota Denpasar juga sudah melakukan koordinasi dengan banjar-banjar (dusun), sehingga dapat memudahkan dalam proses sensus penduduk bulan September.

Baca juga: Gubernur Koster minta masyarakat sukseskan Sensus Penduduk 2020

Sementara itu Sekda Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara menyampaikan bahwa Pemkot Denpasar siap mendukung suksesnya Sensus Penduduk Tahun 2020

"Pemkot Denpasar siap mendukung secara keseluruhan untuk mensukseskan tahap kedua Sensus Penduduk. Salah satu bentuk dukungan dari pemkot adalah dengan mengeluarkan surat tugas bagi petugas sensus yang akan melakukan pendataan lapangan.

Lebih lanjut Rai Iswara menjelaskan bahwa pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 sangat strategis untuk mendukung program-program pembangunan nasional dan daerah.

"Oleh karena itu koordinasi dan sinergi yang sudah terbangun saat ini agar secara berkelanjutan terus diintensifkan, sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat diwujudkan dan Sensus Penduduk Tahun 2020 dapat berjalan dengan sukses," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020