Komunitas Bali Mobile LAgends Community menyebutkan dunia games semakin digemari dari berbagai kalangan generasi, bahkan permainan ini juga sebagai mata pencaharian bagi para gamer.

Dwi Mentari Putri tergabung dalam Komunitas Bali Mobile LAgends Community di Denpasar, Selasa, mengatakan dunia gamer kini sudah menjadi kegemaran tersendiri dan bahkan mendapatkan gaji lebih besar dari upah menimum kabupaten (UMK) Denpasar yang berkisar Rp2,8 juta.

Ia mencontohkan gamers yang tergabung dalam Bali Mobile LAgends Comunity atau LAzone Bali. Mereka sudah bisa mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Jumlahnya ada yang lebih besar dibanding UMK.

"Waktu dikontrak sama game.ly (platform live streaming untuk game) dua tahun, gaji saya Rp5 juta sampai Rp9 juta sebulan. Ada peningkatan sejak kontrak awal," ucap Dwi yang punya nama "game aeydmp" di Denpasar.

Bagi seorang gamers profesional, pendapatannya bisa berlipat. Selain gaji pokok dari tim yang mengontraknya, mereka juga akan mendapatkan penghasilan dari gift atau tips yang diberikan pengunjung yang menyaksikan langsung siaran yang dibawakan. Jika pamornya sudah naik, pendapatan dari iklan juga bisa diraih.

Baca juga: Telkomsel dan Garena adakan turnamen esport "Indonesia Games Championship" 2020

"Biasanya saat saya live streaming main Mobile Legends, ada penonton yang memberikan gift. Nilainya lumayanlah," ujarnya.

Sejalan dengan kemampuannya yang terus terasah, Dwi kini mendapatkan kesempatan trial di platform penyedia saluran video game, yakni Nimo TV.  Jika lolos maka dia bisa masuk di Nimo TV.

"Sekarang sedang persiapan, modelnya nanti ketika saya live streaming akan dilihat berapa orang yang tetap stay selama main. Jadi misalnya kalau watching per hour minimal 200 viewer selama tiga hari berturut-turut, maka kita bisa lolos trial," ucapnya.

Soal berapa gaji yang akan diterima jika dikontrak, dia menyebut jika gaji yang akan didapat dengan nominal dolar. “Paling rendah 150 dolar AS dan paling tinggi adalah 25 ribu dolar AS per bulan.

Baca juga: PUBG Mobile adakan lomba merancang pakaian

Namun, lanjut Dwi, tidak mudah untuk bisa bergaji sampai puluhan ribu dolar per bulan. Dari pengamatannya selama ini angka yang cukup memungkinkan adalah sekitar 1.500 dolar AS sebagai gaji pokok per bulan.

Charity Tamara atau biasa dipanggil Tamtam juga mendapatkan gaji lumayan dari kontrak dengan perusahaan telekomunikasi nasional. Dia tidak mengatakan detail angkanya, namun dia memberikan angka terendah yang bisa didapat.

"Ya sekitar Rp3 juta sampai Rp4 juta lah gaji (pokok)," katanya, sembari menyebutkan bisa tambah gemuk lagi ditambah gift dan kegiatan yang masih berkaitan dengan dunia game seperti menjadi caster.

Tamtam sudah lama dikontrak resmi oleh perusahaan dengan platform game maupun perusahaan telekomunikasi. Dia pernah dikontrak game.ly 2017-2018 sebagai official live streaming, kemudian facebook gaming 2019 hingga 2020, kemudian Telkomsel sebagai official caster tahun 2020.

"Jadi memag harus serius kalau mau menekuni ini, apalagi sekarang di Bali juga sudah ada akademi caster," ungkap perempuan yang juga tergabung dalam Bali Mobile LAgends Community.

Bali Mobile LAgends Comunity adalah bagian dari LAzone Bali. Komunitas ini punya segmen atau turunan genre setiap game, misalnya untuk Mobile Legends punya komunitas Bali Mobile LAgends Comunity, Begitu juga PUBG dan genre game lainnya juga diwadahi khusus agar makin berkembang.

Pewarta: Antaranews Bali

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020