London (Antara Bali) - Rendang terpilih menjadi menu favorit undangan dan pengunjung resepsi pembukaan "Indonesian Culinary Festival" di Grand Westin Hotel-Berlin, Jerman.

"Tidak salah kalau rendang menjadi ikon kuliner kita, selain itu masakan tersebut terbukti menjadi makanan terlezat di seluruh dunia versi CNN Go 2011," ujar Sekretaris III-Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Berlin, Purno Widodo, kepada ANTARA London, Rabu.

Acara resepsi pembukaan Indonesian Culinary Festival dihadiri perwakilan dari berbagai Kementerian Jerman, Korps Diplomatik, Media, Hotel, Travel  Biro, Friends of Indonesia, perwakilan dari Kemparekraf RI serta peserta dari Institute of Cultural Diplomacy bertemakan "Authentic West Sumatran Culinary Culture".

Selain menu hidangan utama Sumatera Barat, berbagai makanan nusantara lainnya yang menjadi sajian pembuka di antaranya salad, sup hingga makanan penutup seperti sarikaya, jongkong dan minuman khas yang menggoda lidah hadirin.

Ditegaskan bahwa dari hidangan utama yang tersedia seperti cumi bakar, gulai kapau nangka, sate Padang, yang menjadi menu terfavorit dari tamu undangan adalah rendang. "Dalam waktu kurang dari satu jam saja, semua rendang yang ada di meja hidangan ludes tak bersisa," kata Purno Widodo.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012