Mataram (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, menawarkan wisata tambang atau 'geowisata' untuk menarik minat pelancong berkunjung ke daerah ini.

Bupati Sumbawa Barat KH Zulkifli Muhadli yang dihubungi dari Mataram, Selasa mengatakan, potensi wisata di daerahnya tidak hanya pantai dan keindahan alam, tapi juga wisata tambang atau "geowisata.

"Wisatawan kami berikan kesempatan untuk menikmati kawasan tambang. Kita bisa melibatkan pengusaha wisata untuk menangani geowisata. Wisatawan disediakan angkutan dan didampingi petugas dari PTNNT," katanya.

Ia menyatakan optimis geowisata akan menarik minat wisatawan guna berkunjung ke Kabupaten Sumbawa Barat guna menikmati wisata tambang yang belum digarap oleh daerah lain.

H Kasan Mulyono yang mewakili manajemen PTNN menyatakan siap mendukung Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat mengembangkan sektor pariwisata.

"Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi wisatawan yang berminat mengunjungi kawasan tambang dan melihat secara langsung kegiatan penambangan di Batu Hijau," katanya.

Perusahaan tambang tembaga dan emas yang berkantor pusat di Denver Colorado, Amerika Serikat ini juga menyatakan siap mendukung keinginan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat untuk membuka dan memasarkan wisata tambang.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012