Denpasar (Antara Bali) - Trie Utami seorang penyanyi sekaligus budayawan itu memberikan motivasi kepada umat Buddha dalam menghadapi kehidupan pada shio naga air.

"Semua umat manusia memiliki kiat-kiat dalam menghadapi kehidupan dalam upaya meningkatkan kesuksesan," kata Trie Utama di Denpasar, Minggu.

Pada acara Safari Damma Ke-10 yang digelar Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi) itu, ia mengatakan, kesuksesan setiap insan manusia tidak boleh terpaku pada perhitungan shio. Karena tanpa perjuangan dalam hidup, maka kesuksesan itu tidak mustahil akan tercapai dengan begitu saja.

"Perhitungan shio hanya berlaku bagi orang yang percaya dengan hal tersebut. Namun demikian kepercayaan tersebut akan dapat menjadi motivasi untuk bangkit dalam meningkatkan kesuksesan," ucapnya.

Menurut dia, keyakinan sangat berpengaruh terhadap sukses dan tidaknya sebuah harapan. Karena dengan keyakinan itu akan menumbuhkan energi positif untuk memajukan diri.

Sementara itu, Bhikku Uttomo Mahathera memberi pencerahan kepada umat Buddha agar bersikap optimistis dalam menghadapi shio naga air, sebab jika bisa berpikir positif dan penuh semangat beraktivitas maka kesuksesan akan tercapai di tahun ini.

"Kita harus berpikir positif dan penuh optimis dalam beraktivitas, sehingga di tahun ini benar-benar membawa keberuntungan dan kesejahteraan bagi kita semua," katanya.

Ketua Magabudhi Bali Sudiarta Indrajaya mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun perayaan keagamaan dalam upaya memberikan pencerahan kepada umat manusia di dunia ini.

"Kegiatan ini terbuka bagi kita semua. Artinya siapa saja yang berkenan mendengarkan ceramah tentang darma dan kebajikan. Karena dengan prilaku tersebut kita akan mencapai damai," katanya.(I020)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012